Jangan Gengsi Meminta dan Menerima Bantuan Orang Lain Kata Gus Baha, Justru Rasulullah yang Mencontohkan

- 2 Agustus 2022, 22:08 WIB
Gus Baha ungkapkan tidak gengsi menerima bantuan orang lain
Gus Baha ungkapkan tidak gengsi menerima bantuan orang lain /Tangkap Layar YouTube/Official Alghofilin/YouTube

BERITA BANTUL – Jangan gengsi meminta dan menerima bantuan orang lain kata Gus Baha. Hal itu justru dicontohkan oleh Rasulullah saw.

Manusia itu makhluk sosial. Oleh karenanya, mereka itu harus saling membantu dan menolong.

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan orang lain. Akan tetapi, sekarang justru banyak orang yang gengsi menerima dan meminta bantuan orang lain.

Padahal, Rasulullah saw. mencontohkan sendiri hal itu. Rasulullah saw. pun meminta dan menerima bantuan orang lain kata Gus Baha.

Baca Juga: Ulama Al Azhar Tak Ada Gengsi dalam Ilmu, Bahkan Syekh Ahmad Thayyib Tak Punya HP Merk Mahal

Gus Baha menyampaikan, “Sekarang orang Islam sendiri menjaga gengsi. Ia bilang gengsi diberi oleh orang lain sehingga kalau tengah berkonflik itu merasa percaya diri sekali karena merasa tidak punya utang jasa.”

Hal inilah yang menjadi masalah. Terkadang menolak bantuan orang lain itu lebih karena gengsi sehingga kalau kelak berkonflik maka merasa tidak punya beban.

Padahal, saling membantu dan memberi itu justru ada ikatan utang jasa sehingga melahirkan sikap penghormatan kepada orang lain.

Gus Baha mencontohkan dirinya sendiri ketika melatih anak dan istrinya. Gus Baha mencontohkan dengan memberitahu kepada anak dan istri bahwa orang ini dan orang itu adalah mereka yang sering memberi bisyarah.

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: YouTube Dakwah Digital


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x