Pendapat Ibn Rusyd tentang Keutamaan Perempuan yang Dikutipnya dari Plato

- 25 Agustus 2022, 18:00 WIB
/pixabay/morhamedufmg/

BERITA BANTUL – Pendapat Ibn Rusyd tentang keutamaan perempuan yang dikutipnya dari Plato.

Ibn Rusyd, yang mempunyai nama lengkap Muhammad bin Ahmad Abi Al Walid bin Rusyd adalah seorang filsuf muslim terbesar.

Dia juga seorang Al Qadliy Al Qudlah (hakim agung), ahli fikih bermazhab Maliki, sastrawan, Al Ushuli (ahli ushul fiqh), Al Hafizh Al Mutqin (ahli hadis), dokter terkemuka, dan penulis beragam bidang ilmu pengetahuan.

Dia dikenal sebagai “komentator Arsitoteles”. Berkat Ibn Rusyd inilah karya-karya Aristoteles, sang filsuf terbesar dari Yunani itu, dikenal dan dipelajari di dunia Barat.

Baca Juga: Kisah Syaqran Al-Maroko yang Dicintai Seorang Perempuan Cantik; Tak Tergiur pada Keindahan yang Melenakan

Mereka menyebut namanya sebagai Averroes. Dia lahir di Cordova.

Dia berbicara tentang perempuan dalam kitabnya yang berjudul “Talkhish Al Siyasah li Aflathan” yang diartikan “Ringkasan buku Politiea/Republik karya Plato.”

Menurutnya, sepanjang para perempuan tumbuh dan besar dengan kecerdasan dan kapasitas intelektual yang cukup, maka tidaklah mustahil, kita akan menemukan di antara mereka para filsuf atau kaum bijak bestari, para pemimpin publik-politik, dan semacamnya.

Memang ada orang yang berpendapat bahwa perempuan seperti itu jarang ada, apalagi ada hukum-hukum agama yang tidak mengakui kepemimpinan politik perempuan, meski sebenarnya ada juga hukum agama yang membolehkannya.

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: Facebook


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x