Amalan Rebo Wekasan Abah Guru Sekumpul, Lengkap Tata Cara dan Doanya

- 20 September 2022, 11:35 WIB
Amalan Rebo Wekasan Abah Guru Sekumpul, Lengkap Tata Cara dan Doanya
Amalan Rebo Wekasan Abah Guru Sekumpul, Lengkap Tata Cara dan Doanya /facebook/udin/

BANTUL - Rabo wekasan atau Rabu Pungkasan merupakan hari rabu terakhir pada bulan shofar atau sapar dalam penanggalan Jawa. 

Pada hari Rabo wekasan banyak masyarakat yang melakukan amalan-amalan berupa ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menjauhi bala' yang konon akan diturunkan Allah pada Rabo wekasan.

Amaliyah Rabo wekasan Mbah Maimoen Zubair dan Guru Sekumpul. KH Maimoen Zubair Sarang Rembang Jawa Tengah (akrab disapa Mbah Moen) pernah berkata,

Baca Juga: Rebo Wekasan: Makna, Amaliyah, dan Doa yang Dibaca Mbah Maimoen Zubair

"Di dalam Kitab Tarikh Muhammadur Rasulullah dijelaskan bahwasanya Rasulullah Saw awal sakit beliau di hari Rabu terakhir di bulan Shofar yang kita sebut hari arba mustamir (Rabu Wekasan-red). Lebih dari 12 hari berturut-turut beliau sakit dan akhirnya pada tanggal 12 Robi'ul Awwal beliau wafat.

Dan di awal hari beliau sakit yaitu hari Rabu terakhir di bulan Shofar, Rasululllah pernah berpesan kepada Sayyidina Abu Bakar untuk ummat:

"Bersegeralah bershadaqoh, karena bala dan musibah tidak bisa mendahului shadaqoh terutama bershadaqoh kepada anak yatim dan orang faqir."

Mbah Maimoen Zubair pada setiap malam Rabo wekasan (Arba Mustamir/Rabu terakhir di bulan Shofar) selalu melaksanakan shalat sunnat 4 roka'at sebagaimana seperti shalat Isya (pakai tahiyyat awwal) dan sebahagian ulama mengatakan boleh 4 roka'at dengan 2× salam.

Adapun tata cara shalat hajat yang dikerjakan Mbah Moen sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x