Kisah Al Rabi bin Khutsaim yang Mendidik Nafsunya, Dipuji Abdullah bin Mas’ud: Rasulullah Pasti Suka padamu

- 5 September 2022, 21:39 WIB
Kisah Al Rabi bin Khutsaim Mendidik Nafsunya
Kisah Al Rabi bin Khutsaim Mendidik Nafsunya /pixabay/Engin_Akyurt /pixabay.com

BERITA BANTUL – Kisah Al Rabi bin Khutsaim yang mendidik nafsunya, dipuji Abdullah bin Mas’ud, “Rasulullah saw. pasti suka padamu.”

Al Rabi bin Khutsaim adalah salah seorang murid dari Abdullah bin Mas’ud. Sementara itu, Ibnu Mas’ud sendiri adalah salah seorang sahabat Rasulullah saw.

Al Rabi adalah seorang murid yang baik lagi mengamalkan kesalehan sebagaimana yang diajarkan oleh Ibnu Mas’ud, terlebih lagi dalam mendidik nafsunya.

Hal itu sebagaimana sikapnya yang luar biasa dalam mengekang hawa nafsu yang sebenarnya bisa dilepaskannya begitu saja tanpa ada dosa.

Baca Juga: Rahmat Allah lebih Luas dari Dosa Orang-Orang yang Berdosa; Kisah Ayyub Al Sukhtiyani yang Ditegur oleh Allah

Dikutip dari buku berjudul Makrifat Auliya’ (Qaf, 2020) karya Muhammad Khalid Tsabit, disebutkanlah salah satu kisah perihal mendidik nafsu agar tunduk pada tuannya.

Ceritanya, Al Rabi bin Khutsaim menderia stroke dan penyakit itu dideritanya cukup lama. Dia ingin sekali makan daging ayam namun dia tahan nafsu selama 40 hari.

Setelah itu, dia berkata kepada istrinya, “Aku ingin sekali makan daging ayam sejak 40 hari yang lalu. Aku tahan nafsu itu sambil berharap ia berhenti, namun ternyata nafsu itu enggan berhenti.”

Istrinya pun menjawab, “Subhanallah…. Mengapa engkau tahan keinginanmu padahal itu Allah halalkan bagimu?”

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x