Kisah Anas bin Malik, sang Pelayan Rasulullah, yang berhadapan dengan Al Hajjaj bin Yusuf, sang Gubernur Zalim

- 29 Agustus 2022, 21:03 WIB
Di atas dua pundak Anas bin Malik, ada dua singa besar
Di atas dua pundak Anas bin Malik, ada dua singa besar /pixabay/RandyRMM/

BERITA BANTUL – Kisah Anas bin Malik, pelayan Rasulullah saw., yang berhadapan dengan Al Hajjaj bin Yusuf, gubernur zalim.

Anas bin Malik adalah seorang sahabat Rasulullah saw. yang sekaligus pelayan setia beliau. Dia adalah seorang sahabat yang saleh lagi santun.

Di era kekuasaan Bani Umayyah, Anas menjadi salah seorang yang hendak dieksekusi oleh salah seorang gubernurnya yang zalim, Al Hajjaj bin Yusuf Al Tsaqafi.

Al Hajjaj adalah seorang gubernur di bawah kekuasaan Bani Umayah. Dia adalah seorang gubernur yang juga mengeksekusi Abdullah bin Zubair bin Awwam di Mekkah.

Baca Juga: Nabi Menggendong Hasan dan Husein saat Shalat, Gus Baha: Shalat Itu Ibadah, Menyayangi Anak Kecil juga Ibadah

Dikutip dari buku berjudul Qisasul Auliya’ (Qaf, 2020) karya Muhammad Khalid Tsabit, berikut inilah kisah Anas bin Malik yang harus berhadapan dengan Al Hajjaj bin Yusuf Al Tsaqafi.

Al Hajjaj mengutus seorang tangan kanannya untuk menangkap Anas bin Malik. Utusan itu diiringi pasukan tentara berkuda dan bersenjata, karena Al Hajjaj menduga bahwa Anas akan takut atau lari.

Ketika pasukan tentara itu tiba di tempat yang dituju, mereka mendapati Anas sedang duduk tenang sambil selonjoran kaki di depan pintu rumahnya.

Seorang komandan pasukan berkata dengan suara yang sombong, “Penuhilah panggilan Gubernur!”

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x