Ini Rahasia Adab Berdoa Menurut Sayyid Muhammad Al Maliki Agar Doa Mudah Terkabul

- 25 Oktober 2022, 22:10 WIB
Ini Rahasia Adab Berdoa Menurut Sayyid Muhammad Al Maliki Agar Doa Mudah Terkabul
Ini Rahasia Adab Berdoa Menurut Sayyid Muhammad Al Maliki Agar Doa Mudah Terkabul /facebook/udin/

ADAB BERDOA - Berikut ini adalah rahasia tentang adab-adab dalam berdoa yang diajarkan oleh Abuya Sayyid Muhammad Al Maliki.

Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki merupakan salah satu Ulama dari Timur Tengah tepatnya dari Makkah yang cukup tenar di Indonesia. Bukan hanya karena kealimannya, namun juga karena menjadi Guru bagi banyak Ulama di Nusantara.

Sayyid Muhammad Al Maliki mengajarkan kepada para santri dan muhibbinnya tentang adab-adab ketika memanjatkan doa kepada Allah Swt.

Baca Juga: Sebuah Kerajaan di Sumatra Ternyata Pernah Mengutus Dua Orang Delegasi ke Madinah untuk Menemui Nabi Muhammad

Doa selalu dipanjatkan dalam berbagai keadaan, baik sebelum, saat, maupun selesai shalat, sebelum keluar rumah, sebelum belajar, ketika masuk kamar mandi, saat mau tidur dsb. Semakin banyak doa yang dipanjatkan semakin menambah kedekatan kepada Allah.

Sebagaimana ibadah lain, berdoa pun perlu diketahui tata caranya, etikanya, juga keutamaannya, supaya bertambah iman dan kedekatan seorang Muslim kepada Tuhannya. Allah telah banyak menyebutkan perintah untuk banyak berdoa kepada para hamba-Nya.

Salah satu penyusun kitab yang berisi kumpulan doa, wiridan, serta etika berdoa adalah Syekh Muhammad Al Maliki dalam karyanya, Abwabul Faraj.

Doa yang diperhatikan adabnya akan semakin menambah kesempurnaan doa itu dan menambah nilai kebaikan.

Berikut ini adalah hal-hal yang patut diperhatikan saat seseorang berdoa:

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah