Sunnah Rasul Itu Macam-Macam, Tidak Hanya yang Asyik-Asyik Saja Kata Gus Baha

- 16 November 2022, 13:29 WIB
Gus Baha jelaskan bahwa sunnah Rasul itu macam-macam
Gus Baha jelaskan bahwa sunnah Rasul itu macam-macam /Tangkap Layar YouTube/Official Alghofilin/YouTube

BERITA BANTUL – Sunnah Rasul itu macam-macam, tidak hanya yang asyik-asyik saja kata Gus Baha.

Sunnah Rasul itu tidak hanya sekadar sedekah. Sedekah itu kalau mampu, lantas bagaimana kalau tidak mampu sedekah? Tidak melakukan sunnah Rasul?

Perlu diketahui, sebagaimana yang disampaikan oleh Gus Baha, bahwa merasa lapar hingga mengganjal perut juga sunnah Rasul.

Sedekah itu menjadi sunnah Rasul kalau mampu. Kalau tidak mampu bukan berarti meninggalkan sunnah Rasul, seperti kelaparan hingga mengganjal perut.

Baca Juga: Kelebihan Orang yang Biasa-Biasa Saja Menurut Gus Baha, Unik dan Justru Enak

Gus Baha dalam suatu kesempatan mengatakan, “Kalau menjelaskan sunnah Rasul itu yang komprehensif. Sunnah Rasul itu bermacam-macam.”

“Memakai serban itu sunnah Rasul, begitu pula memakai jubah. Akan tetapi, shalat dengan memakai sarung sambil pakai serban ke leher juga sunnah Rasul. Rasul pernah melakukan itu,” ujar Gus Baha.

“Bagaimanapun juga,” lanjut Gus Baha, “di antara sunnah Rasul itu karena mampu membelinya (serban dan jubah). Kalau tidak mampu, mau bagaimana lagi?”

“Jabir (seorang sahabat) pernah shalat di hadapan para tabi’in sambil membawa serban dan jubah. Setelah itu, keduanya itu cuma dicantolkan di masjid dan dia shalat dengan hanya memakai sarung,” tutur Gus Baha.

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: YouTube Santri Gayeng


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x