Sedikit-sedikit Sunnah Rasul, Gus Baha: Sekalipun Hadis Sohih, Harus Diperhatikan Dulu konteksnya!

- 15 Desember 2022, 09:00 WIB
Sedikit-sedikit Sunnah Rasul, Gus Baha: Sekalipun Hadis Sohih, Harus Diperhatikan Dulu konteksnya!
Sedikit-sedikit Sunnah Rasul, Gus Baha: Sekalipun Hadis Sohih, Harus Diperhatikan Dulu konteksnya! /Tangkap layar YouTube Santri Gayeng/Diolah beritabantul.com/

GUS BAHA - Gus Baha dalam salah satu pengajiannya menjelaskan mengenai orang yang sedkit-sedikit mengatakan sunnah Rasul.

Umat muslim memang dianjurkan mengikuti apa yang telah diajarkan Nabi dari mulai perkataan dan perbuatan Nabi yang disebut sunnah Nabi.

Ada banyak sekali sunnah Nabi Muhammad Saw, namun dalam menjalankan sunnah Nabi kita juga perlu memperhatikan konteksnya, tidak asal dipakai dalam tindakan tertentu.

Baca Juga: Nasihat Pernikahan Gus Baha, Jangan Takut Menikah! Allah Sudah Siapkan Semuanya Bagi Orang yang Menikah

Apa yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad harus dipahami betul maksud dan asal usul hadist tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut Gus Baha menjelaskan sebagai berikut.

Sebagaimana dikutip Beritabantul.com dari YouTube Ngaji Gus Baha, Ia menjelaskan bagaimana cara dalam menerapkan sunnah Rasul itu.

Menurut Gus Baha, ketika seseorang sedikit-sedikit bilang sunnah Rosul maka bisa memunculkan pertanyaan yang seperti ini.

“Masak kita naik (mobil) Innova tidak perlu membaca doa yang disunnahkan, ‘Subhanalladzi saharolah’,” kata Gus Baha.

Dia mengatakan, jika sedikit-sedikit orang bilang sunnah Rosul maka ketika bersedekah bilang, “Sedekah yang sunnah Rosul itu harus kurma.”

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x