Bongkar Kesalahan dalam Shalat, Gus Baha: Jangan Salah memaknai Khusyu

- 24 Desember 2022, 07:30 WIB
Bongkar Kesalahan dalam Shalat, Gus Baha: Jangan Salah memaknai Khusyu
Bongkar Kesalahan dalam Shalat, Gus Baha: Jangan Salah memaknai Khusyu /youtube @najwashihab/

GUS BAHA - Dalam salah satu ceramahnya Gus Baha menjelaskan mengenai makna khusyu yang sering disalah artikan oleh umat Islam.

 

Shalat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim sejak baligh hingga ajal menjemput.

Karena penting dan wajibnya shalat umat muslim berbondong-bondong untuk dapat melaksanakan shalat sebaik mungkin dengan khusyu.

Baca Juga: Penjelasan Gus Baha tentang Punahnya Hewan Ini Pertanda Bahwa Kiamat Akan Segera Datang

Namun sayangnya banyak yang menyalah artikan makna tersebut, Kali ini dalah salah satu pengajiannya yang dilansir Beritabantul.com dari channel You Tube NU Online, diunggah pada 16 September 2019. Gus Baha jelaskan begini.

“Khusyuk maknane takut kepada Allah. Sehingga bagi para pekerja-pekerja ini harus mencuri-curi waktu untuk sholat 5 menit itu karena izin untuk ke toilet, sholatnya terpaksa harus terpaksa izin ke toilet” ungkap Gus Baha.

“Itu menurut saya sudah betul, karena menurut saya yang mendorong adalah ketakutan kita kepada Allah, kita takut kalau meninggalkan hukum Allah. Tapi kamu tidak usah membayangkan seperti ulama, khusyuk sampai lupa waktu, nggak juga,” jelas Gus Baha.

Gus Baha menjelaskan bahwa sholat yang khyusuk artinya sholat yang disertai ketakutan karena takut meninggalkan sholat. Sholat wajib ditegakkan bagaimanapun kondisi dan keadaannya.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x