Peringati Hari Ibu, Gus Baha Ungkap Cara Terbaik dalam Berbakti Kepada Orang Tua, Khususnya Ibu!

- 21 Desember 2022, 09:00 WIB
Peringati Hari Ibu, Gus Baha Ungkap Cara Terbaik dalam Berbakti Kepada Orang Tua, Khususnya Ibu!
Peringati Hari Ibu, Gus Baha Ungkap Cara Terbaik dalam Berbakti Kepada Orang Tua, Khususnya Ibu! /Tangkap Layar YouTube/Official Alghofilin/YouTube

HIKMAH - Salah satu hal wajib dimulyakan manusia setelah Allah dan Rasulullah adalah berbakti kepada orang tua, dalam salah satu ceramah Gus Baha mengungkapkan penjelasan tentang berbakti kepada orang tua.

Dalam memaknai bakti kepada orang tua kita akan merujuk pada potongan ayat Al Qur'an tepatnya surat Al Isra' ayat 23-24.

Namun terkadang dalam memaknai ayat tersbut sering salah paham, hal tersebut diluruskan oleh Gus Baha dalam salah satu kajiannya.

Baca Juga: Ilmunya Setinggi Langit Tapi Tidak Bermanfaat, Sebabnya Suka Sakiti Orang Lain Kata Gus Baha

Dikutip Beritabantul.com dari channel YouTube Ngaji Ben Aji Official yang diunggah pada 26 Januari 2022. Gus Baha mengungkapkan cara berbakti kepada kedua orang tua yang benar.

Salah satu ayat yang dijadikan pedoman dalam berbakti kepada orang tua adalah Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 23-24, yang artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”

Kutipan ayat tersebut sering kali dipahami bahwa sebagai seorang anak dilarang untuk mengatakan hal buruk kepada kedua orang tua.

Perkataan yang tidak pantas didengarkan, hingga membentak orang tua, hal itu sungguh jelas dilarang dalam Al-Qur’an. Namun ternyata ini adalah pemahaman yang dangkal menurut Gus Baha.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x