Bacaan Doa Akhir Tahun; Mohon Ampunan kepada Allah agar Menjadi Pribadi yang Mulia

- 18 Juli 2023, 14:41 WIB
Doa Akhir Tahun Hijriah
Doa Akhir Tahun Hijriah /pixabay.com/giani (diolah Berita Bantul)/

BERITA BANTUL – Bacaan doa akhir tahun; mohon ampunan kepada Allah agar menjadi pribadi yang mulia.

Setiap umat Islam dianjurkan untuk berdoa pada akhir tahun Hijriah. Doa akhir tahun ini sebaiknya menjadi amalan setiap umat Islam.

Harapannya, Allah memberikan ampunan sehingga ketika kita menapaki tahun baru Hijriah, kita menjadi pribadi yang mulia karena dosa-dosa telah terampuni.

Sebagaimana yang populer di kalangan umat Islam, berikut ini bacaan doa akhir tahun yang hendaknya dibaca setelah shalat Asar di hari terakhir bulan Dzulhijjah, yakni bulan terakhir dalam penghitungan kalender Hijriah.

Baca Juga: Rahasia Dzikir Saat Fajar Sebelum Shalat Subuh, Rezeki Melesat Tinggi Kata Habib Novel Alaydrus

Berikut inilah bacaan doa akhir tahun.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعٰلمِيْنَ.  وَصَلىَّ اللهُ عَلىٰ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَ عَلىٰ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللهم مَا عَمِلْتُ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلىٰ عُقُوْ بَتِيْ وَدَعَوْ تَنِيْ إِلَى التَّوْ بَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْاءَتِيْ عَلىٰ مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّيْ أَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَلِمْتُ فِيْهَا مِمِّاتَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْأَلُكَ اَللهم يَا كَرِيْمُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ. اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَتَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلىَّ اللهُ عَلىٰ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَ عَلىٰ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعٰلمِيْنَ.

Bismillaahir rahmaanir rahiim, Alhamdulillaahi robbil 'aalamiin. Wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fii haadzihis sanati mimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halimta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa 'uquubati wa da’autanii ilat taubati minhu ba’da jur-atii 'alaa ma’shiyatika fa innii astaghfiruka faghfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimmaa tardhaahu wa wa’adtanii ‘alaihits tsawaaba fa-as-aluka Allaahumma yaa kariimu yaa dzal jalaali wal ikraami an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha’ rajaa-ii minka yaa kariim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa sahbihii wa sallam, walhamdulillaahi robbil 'aalamiin.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang aku belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridhainya dan melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu) kepadaku, yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untukku dan Engkau telah mengajakku untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat kepada-Mu. Karena itu, aku mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepadaku. Segala apa yang telah aku kerjakan selama tahun ini berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala. Saya mohon kepada-Mu ya Allah wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan semoga berkenan menerima amalku dan semoga Engkau tidak memutuskan harapanku kepada-Mu wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Muhammad beserta para keluarga dan sahabatnya. dan Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x