Nasab Guru Besar Masjidil Haram Syekh Sayyid Zaini Dahlan Sampai Rasulullah Melalui Syekh Abdul Qadir Jailani

- 13 Juli 2023, 09:39 WIB
Nasab Guru Besar Masjidil Haram Syekh Zaini Dahlan Tersambung Sampai Rasulullah
Nasab Guru Besar Masjidil Haram Syekh Zaini Dahlan Tersambung Sampai Rasulullah /facebook/adib/

TOKOH - Nasab Guru Besar Masjidil Haram Syekh Sayyid Zaini Dahlan Sampai Rasulullah Melalui Syekh Abdul Qadir Jailani. 

Salah satu Guru Besar Masjidil Haram yang memberi corak tersendiri dalam Islam di Indonesia adalah Syekh Sayyid Ahmad Zaini Dahlan. 

Sayyid Ahmad Zaini Dahlan melahirkan banyak tokoh ulama Nusantara, seperti Syekh Nawawi Al Bantani, Syaikhona Kholil Bangkalan, KH Sholeh Darat Semarang, Syekh Abdul Hamid Kudus dan lainnya. 

Baca Juga: Jadi Guru Besar di Masjidil Haram, Syekh Yasin Al Fadani Lahirkan Lebih dari 100 Kitab yang Jadi Rujukan Ulama

Selain menjadi Mufti Makkah dan Madinah, Sayyid Ahmad Zaini Dahlan juga dikenal masyhur dengan kegigihannya dalam membela ajaran ahlussunnah wal jamaah. 

Kitabnya yang berjudul Ad-Durar as-Saniyyah fi ar-Radd ‘ala al-Wahhabiyyah dijadikan rujukan ulama dunia untuk membentengi umat dari serangan ajaran wahabi. 

Syekh Sayyid Ahmad Zaini Dahlan lahir tahun 1232 H atau 1816 M di kota Makkah dan menjadi mufti terakhir Haramain (Makkah dan Madinah) pada zaman kesultanan Turki Utsmani.

Beliau merupakan keturunan Al-Quthb ar-Rabbani Syaikh Abdul Qodir al-Jailani.

Sayyid Ahmad Zaini Dahlan adalah bagian dari Ahlul Bait Rasulullah SAW, melalui garis keturunan Sayyidina Hasan RA, cucu Rasulullah SAW.

 

Halaman:

Editor: Amrullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x