Beijing Tekan Indonesia Hentikan Bor Minyak di Natuna Utara, Siapa yang Jadi Pengkhianat?

- 15 April 2022, 14:36 WIB
Beijing Sampai Melarang Indonesia Bor Minyak di Natuna
Beijing Sampai Melarang Indonesia Bor Minyak di Natuna /Reuters/Philippine Coast Guard/

BERITA BANTUL - Klaim China atas Natuna Utara dilakukan dengan berbagai cara. Termasuk memberikan peringatan larangan pada Indonesia terkait bor minyak. 

Peringatan dan larangan China ini dikabarkan sebagai bagian dari strategi untuk 'mengusik' sampai 'mengusir' Indonesia atas kuasa Natuna.

Langkah China atas Natuna juga dilakukan dengan membangun pangkalan militer di bekas wilayah Indonesia, yakni Timur Leste.

Baca Juga: Penasaran Menu Buka Puasa Nabi? Berikut Ini Menu Buka Puasa Sederhana yang Dianjurkan Rasulullah Saw

Klaim China atas Natuna dibangun dari persepsi sejarah masa silam terkait wilayah kerajaan China yang membentang sampai laut China selatan.

Tapi, China sepertinya melupakan bahwa berdasarkan perjanjian internasional, tempat eksplorasi tersebut termasuk dalam Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia.

Sejatinya Indonesia mulai melakukan pengeboran sejak Juli 2021, namun Beijing dikabarkan menekan Indonesia agar tidak melakukan aktivitas melalui klaim sembilan garis putus-putus (nine-dash line).

Bahkan negara yang kini tengah dipimpin oleh Xi Jinping itu digadang-gadang mengirim kapal penjaga ke Laut Natuna Utara.

Baca Juga: Rudal Militer Ukraina Diklaim Ledakkan Kapal Perang Bersejarah Rusia, Putin Kalah?

Dikutip dari Seputar Tangsel, melihat gelagat China tersebut, seorang Ekonom Senior, Rizal Ramli akhirnya turut berkomentar.

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Seputar Tangsel


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x