Dosen Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang Jalin Kerjasama dengan Universitas Teknologi Mara Malaysia

- 11 Desember 2023, 09:45 WIB
Dosen Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang Jalin Kerjasama dengan  Universitas Teknologi Mara Malaysia
Dosen Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang Jalin Kerjasama dengan Universitas Teknologi Mara Malaysia /

INTERNASIONAL - Dalam beberapa tahun terakhir, Universitas Negeri Malang terus meningkatkan kualitas riset dan jaringan akademik. Kali ini, dosen-dosen dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang (FMIPA UM) menjalin kolaborasi dengan akademisi dari Universitas Teknologi Mara (UiTM) Malaysia.

Dosen FMIPA Universitas Negeri Malang, Azizah, S.Pd., M.Si, mengungkapkan bahwa pihaknya mengikuti arahan dari Rektor dan Dekan FMIPA Universitas Negeri Malang untuk terus meningkatkan kualitas dan kerjasama akademik.

“Kami berusaha menjalin kerjasama dengan berbagai kampus, agar kualitas akademik dan networking menjadi meningkat. Jadi nanti dibangun kerjasama berkelanjutan antara dosen serta instituti. Kerjasama ini juga melibatkan mahasiswa, agar punya pengalaman akademik di level internasional. Tentu saja ini sangat baik untuk ke depannya,” ungkap Azizah kepada Beritabantul.com, Sabtu 9 Desember 2023.

Baca Juga: Borong Belasan Medali, Universitas Negeri Malang Raih Peringkat 5 Besar di Pimnas 2023

Menurut Azizah, pihak FMIPA Universitas Negeri Malang sangat mendukung agenda-agenda kolaborasi internasional. “Kami mendapat dukungan dari jajaran pimpinan Dekan dan juga pimpinan Departemen. Apalagi, juga melibatkan mahasiswa untuk membangun jejaring akademik serta professional. Program-program ini juga menjadi bagian dari skema world class university, yang ingin dibangun kampus,” terang Azizah.

Sebelumnya, dalam beberapa bulan terakhir, beberapa akademisi dari FMIPA Universitas Negeri Malang juga melakukan kunjungan dan kerjasama akademik dengan beberapa kampus di Malaysia. Pada akhir November 2023 lalu, terjalin kolaborasi antara mahasiswa serta akademisi Universitas Negeri Malang dengan UiTM.

Sebanyak 12 mahasiswa UM dengan 10 mahasiswa dari departemen Matematika dan 2 mahasiswa dari departemen pendidikan IPA, dipimpin dosen Matematika FMIPA UM Azizah, M.Si. Pada agenda itu, diisi dengan workshop tentang big data serta program persahabatan antara mahasiswa UM dan mahasiswa UiTM. Program ini bertujuan untuk menguatkan partnership antara UM-UiTM. Selain itu, juga memberikan eksposur global pada mahasiswa.

Azizah menyampaikan bahwa program-program kolaborasi ini sangat strategis. “Program ini sangat bagus, selain untuk menguatkan kerjasama antar universitas, program ini juga bisa memberikan experience bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan dunia luar. Kita sekarang hidup di era globalisasi dimana batas negara sudah bukan menjadi hambatan. Oleh karena itu, exposure terhadap internasionalisasi sangat penting untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi penduduk dunia global kedepannya,” terangnya.

Sementara itu, perwakilan pihak kampus Universitas Teknologi Mara (UiTM) mengungkapkan dukungan penuh atas kolaborasi kedua belah pihak. Pihaknya juga terus mendorong kerjasama lanjutan antara akademisi dari Universitas Negeri Malang dan Universitas Teknologi Mara.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah