Ketum Pagar Nusa Ajak Santri Perbanyak Penelitian Tentang Perjuangan Kiai Pesantren Pejuang Indonesia

- 12 November 2023, 06:44 WIB
Ketum Pagar Nusa Ajak Santri Perbanyak Penelitian Tentang Perjuangan Kiai Pesantren Pejuang Indonesia
Ketum Pagar Nusa Ajak Santri Perbanyak Penelitian Tentang Perjuangan Kiai Pesantren Pejuang Indonesia /

NASIONAL - Ketua Umum Pimpinan Pagar Nusa Nahdlatul Ulama M. Nabil Haroen mengungkapkan bahwa banyak kiai-kiai yang berjuang dalam proses kemerdekaan, belum sepenuhnya diakui sebagai pahlawan nasional.

Maka, perlu ada upaya bersama untuk menarasikan peran Kiai-kiai pahlawan dan pemerintah juga harus mengapresiasi peran kepahlawanan ini. Demikian diungkapkan Gus Nabil Haroen, pada Sabtu 11 November 2023.

“Kita melihat bahwa sejarah belum sepenuhnya ditulis secara seimbang, juga penghargaan pemerintah terhadap peran kiai-kiai pahlawan harus ditingkatkan. Banyak kiai yang berjuang sejak masa kolonial hingga tercapai kemerdekaan. Ini perjuangan ratusan tahun, kelompok kiai-santri yang paling konsisten memperjuangkan ini,” terang Nabil Haroen yang lama nyantri di pesantren Lirboyo.

Baca Juga: Ikuti Arahan PBNU, Pagar Nusa Dukung Penuh Palestina dan Dorong Perdamaian

Lebih lanjut, Nabil Haroen mengakui bahwa meski sudah ada beberapa kiai yang diakui oleh sejarah, serta mendapatkan penghargaan pahlawan dari pemerintah, namun lebih banyak kiai yang perannya belum dimunculkan, atau bahkan belum tertulis di naskah sejarah bangsa.

“Peran kiai-kiai pesantren harus dimunculkan, karena ini persoalan sejarah perjuangan. Bukan dalam rangka kesombongan atau riya, tapi memang faktanya banyak kiai yang berjuang melawan kolonial. Momentum Resolusi Jihad 1945 itu hanya menjadi puncak dari perjuangan Kiai, jaringan yang terbentuk sebelum itu sudah sangat panjang, dengan para pahlawan kiai yang tersebar di berbagai kawasan” ungkap Nabil, yang juga Waketum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Nabil Haroen mengungkapkan bahwa pihaknya mendorong dan mengajak sebanyak mungkin pihak untuk meriset bersama-sama peran kiai-kiai pahlawan bangsa.

“Kami dari Pagar Nusa mengajak sebanyak mungkin pihak, dari internal periset di Indonesia maupun dari negeri lain, baik dari kampus ataupun Lembaga riset, untuk bersama-sama melakukan penelitian. Bahkan, santri-santri yang punya konsern di bidang ini, mari bersama-sama melakukan kerja besar ini. Kita perlu memunculkan sebanyak mungkin kiai-kiai yang berjuang, sebagai pahlawan bangsa, sebagai energi perjuangan kaum santri,” terang Nabil, yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

Baca Juga: Jadi Penutup Rangkaian Hari Santri Nasional, Santri Innofest Lahirkan Ide-ide Kreatif dan Inovatif

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x