Jadi Penutup Rangkaian Hari Santri Nasional, Santri Innofest Lahirkan Ide-ide Kreatif dan Inovatif

- 1 November 2023, 08:51 WIB
Jadi Penutup Rangkaian Hari Santri Nasional, Santri Innofest Lahirkan Ide-ide Kreatif dan Inovatif
Jadi Penutup Rangkaian Hari Santri Nasional, Santri Innofest Lahirkan Ide-ide Kreatif dan Inovatif /

NASIONAL - Rangkaian agenda Hari Santri Nasional 2023 dipungkasi dengan Santri Innofest, forum gagasan dari para santri se Indonesia. Agenda Santri Innofest diselenggarakan sejak pertengahan September 2023, yang dipuncaki dengan Konferensi dan adu gagasan para finalis, di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Selasa (31/10/2023).

Agenda ini dihadiri sekitar 1200 santri dari berbagai kawasan, serta dihadiri oleh Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH. Amin Said Husni, Perwakilan Pengelola Masjid Istiqlal KH. Bukhori at-Thahiri, Kepala Pusdatin Kemendikbud Dr. Hasan Chabibie, Ketua Umum ICYD Budy Sugandi, Ketua Pelaksana Santri Innofest Rorian Pratyaksa, Sekretaris Umum Pagar Nusa Munawir Aziz, Ketua Umum PP IPPNU Wahsfi Velasufah, Senior Vice President BSI Muhammad S Habiby, Duta Besar Tukey Prof. Dr. Talip Küçükcan, Zensa Rahman (Pemimpin.id) dan beberapa pembicara lain. Pada sore harinya, hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH. Amin Said Husni, mengungkapkan bahwa Santri Innofest menjadi bagian penting untuk mengelaborasi gagasan inovatif santri.

Baca Juga: Santri Innofest 2023 akan Dibuka Ketum PBNU, Saatnya Santri Hasilkan Karya untuk Nahdlatul Ulama dan Indonesia

“Santri Innofest diawali dengan tahapan pendaftaran ide-ide kreatif dan inovatif, penjurian, mentoring dan presentasi gagasn dari para santri. Nantinya, peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan mentoring dari innovator ternama guna memperkuat gagasan inovatifnya. Mereka juga akan dipertemukan dengan kolaborator dari pelaku start-up hingga pembuat kebijakan,” ungkapnya.

Amin Said Husni menegaskan bahwa Ketua Umum PBNU KH. Yahya C Staquf mendukung penuh penyelenggaraan Santri Innofest. “Kami mendorong agar Santri Innofest bisa menjadi agenda tahunan di dalam seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri ke depan. Hal ini penting untuk mendorong dan memberikan motivasi kepada para santri untuk melakukan inovasi,” terangnya.

Sementara, Budy Sugandi (Pembina Santri Innofest) menegaskan bahwa pihaknya menyelenggaraakn agenda ini untuk memberi ruang inovasi santri-santri dari berbagai kawasan di Indonesia.

"Santri Innofest ini ajang bergengsi untuk menghadirkan inovasi-inovasi kreatif dari para santri, dari seluruh kawasan se-Indonesia. Santri Innofest ini juga bagian rangkaian Hari Santri Nasional 2023, yang didukung PBNU, Kementerian Agama serta beberapa lembaga lain," jelas Budy Sugandi, yang juga Ketua Umum ICYD.

Ketua Panitia Pelaksana Santri Innofest 2023, mengungkapkan bahwa Santri Innofest ini jadi hub yang menghubungkan santri-santri kreatif se-Indonesia.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x