Dubes Hingga Influencer akan Jadi Pembicara Puncak Santri Innfofest

- 26 Oktober 2023, 20:51 WIB
Dubes Hingga Influencer akan Jadi Pembicara Puncak Santri Innfofest
Dubes Hingga Influencer akan Jadi Pembicara Puncak Santri Innfofest /

NASIONAL - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2023, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah menyiapkan rangkaian kegiatan yang berkolaborasi dengan Kementerian Agama (Kemenag), dari kirab, shalawat, jalan sehat, bakti sosial dan pelbagai perlombaan.

Pada rangkaian hari santri, agenda Santri Innofest 2023 menjadi penutup rangkaian kegiatan, setelah sebelumnya diselenggarakan upacara Hari Santri Nasional di Tugu Pahlawan Surabaya, dan Ijazah Kubro Pagar Nusa di lapangan Jala Krida Mandala, Surabaya pada 22 Oktober 2023 lalu.

Penanggungjawab agenda Santri Innofest 2023 Budy Sugandi mengungkapkan bahwa pihaknya menyelenggarakan forum ini sebagai ruang untuk meningkatkan kapasitas santri di bidang inovasi dan strategi digital.

Baca Juga: 25 Ribu Pendekar, Para Kiai Sepuh Hingga Presiden Jokowi Akan Hadiri Ijazah Kubro Pagar Nusa di Surabaya

“Jadi, kami para santri ingin ikut memberi sumbangsih dalam rangkaian hari santri dengan mengajak para santri yang berkiprah di berbagai bidang, menghasilkan karya-karya inovatif. Santri Innofest 2023 dalam rangka meningkatkan kapasitas santri, serta sebagai ruang belajar bersama di bidang inovasi,” ungkap Budi Sugandy, kepada media ini, Kamis 26 Oktober 2023).

Pada rangkaian agenda Hari Santri Nasional, Santri Innofest 2023 sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Santri Nasional 2023. Acara ini menjadi hal baru sekaligus upaya untuk memfasilitasi inovasi, kolaborasi, dan inspirasi para santri di seluruh Indonesia dan yang tersebar di mancanegara. Harapannya bisa memberikan dampak positif yang besar bagi para santri. Terdapat tiga rangkaian kegiatan yakni kompetisi inovasi, konferensi cendekiawan muslim dan eksibisi pendidikan, karir dan wirausaha.

“Perayaan Hari Santri Nasional bukan yang pertama dilakukan, kurang lebih delapan kali, mulai dari 2015, setiap tahun rutin dilakukan dari mulai upacara. Untuk kali ini ada pikiran dan keinginan untuk mengedepankan semangat di balik Hari Santri Nasional itu, mengapa 22 Oktober itu Hari Santri Nasional. Yang ternyata memiliki sejarah panjang, muara dari pergulatan pemikiran dari masyaikh, wabil khusus Mbah Hasyim," jelas kembali H. Umarsyah, Ketua Panitia Hari Santri Nasional 2023.

Santri Innofest 2023
Santri Innofest 2023

Agenda Santri Innofest menjadi bagian penutup dari rangkaian panjang penyelenggaraan Hari Santri Nasional. Acara yang bekerjasama dengan Indonesian Council of Youth Development (ICYD) ini memiliki dua kategori peserta yakni umum dan pelajar. Mereka dapat menciptakan ide inovasi dengan memilih salah satu dari enam topik Sustainable Development Goals (SDGs) yang tersedia yaitu perdagangan, pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan, dan lingkungan (green economy).

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah