25 Ribu Pendekar, Para Kiai Sepuh Hingga Presiden Jokowi Akan Hadiri Ijazah Kubro Pagar Nusa di Surabaya

- 20 Oktober 2023, 15:15 WIB
25 Ribu Pendekar, Para Kiai Sepuh Hingga Presiden Jokowi Akan Hadiri Ijazah Kubro Pagar Nusa di Surabaya
25 Ribu Pendekar, Para Kiai Sepuh Hingga Presiden Jokowi Akan Hadiri Ijazah Kubro Pagar Nusa di Surabaya /

NASIONAL - Pelaksanaan Ijazah Kubro yang diselenggarakan Pimpinan Pusat Pagar Nusa bertepatan dengan momentum Hari Santri Nasional 2023, akan menjadi agenda kolosal dan monumental.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa M. Nabil Haroen menjelaskan bahwa agenda Ijazah Kubro ini merupakan agenda penting bagi pendekar, kader Pagar Nusa dan warga nahdliyyin. Demikian ungkap M. Nabil Haroen yang didampingi Ketua Panitia Ijazah Kubro dan Pelantikan Pimpinan Pusat Pagar Nusa Letjen TNI (Purn.) Ganip Warsito, pada konferensi Press di Foodies Gallery, Surabaya, Kamis 19 Oktober 2023.

“Agenda Ijazah Kubro Pimpinan Pusat Pagar Nusa ini merupakan agenda lima tahun sekali. Kami selenggarakan sebelumnya di Cirebon pada 2018 lalu, dan pada tahun 2023 ini di Surabaya. Agenda Ijazah Kubro ini juga akan dirangkai dengan Pengukuhan Pimpinan Pusat pagar Nusa. Jadi ini agenda yang sangat sakral, dihadiri oleh puluhan kiai-kiai sepuh, Presiden Joko Widodo dan jajaran Menteri, serta Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan jajarannya,” ungkap Nabil Haroen.

Nabil Haroen menjelaskan bahwa menurut rencana Ijazah Kubro ini akan dihadiri oleh sekitar 25 ribu pendekar, kader Pagar Nusa dan warga Nahdliyyin, pada 22 Oktober 2023 di Lapangan Bumi Moro.

Baca Juga: Gus Nabil Ajak Santri Seluruh Nusantara Ikuti Ijazah Kubro Pagar Nusa 2023, Mengenang Resolusi Jihad para Kiai

“Ini agenda besar yang menjadi momentum untuk ngalap berkah dari para kiai. Tim Pagar Nusa sudah bersilaturahmi ke para kiai sepuh untuk meminta doa, naskah ijazah, hingga air asma’ yang didoakan untuk kemudian diberikan kepada peserta ijazah. Sebulan terakhir, tim Pagar Nusa sudah berkeliling dari Banten hingga Jawa Timur, untuk sowan kepada para kiai sepuh,” terang Nabil Haroen, yang lama nyantri di pesantren Lirboyo, Kediri.

Menurut Nabil Haroen, ada puluhan kiai sepuh yang memberikan doa dan ijazah, di antaranya: KH. Mustofa Bisri (Rembang), Kiai Miftahul Achyar (Rais ‘Aam PBNU), KH. Said Aqil Siroj (Jakarta), Kiai Anwar Mansur (Lirboyo, Kediri), KH. Nurul Huda Jazuli (Ploso, Kediri), Habib Luthfi bin Yahya (Pekalongan), KH. Yahya C Staquf (Ketua Umum PBNU).

Selain itu, KH. Agoes Ali Masyhuri (Pondok Pesantren Bumi Sholawat, Tulangan, Sidoarjo), KH. Abdullah Kafabihi Mahrus (Pondok Pesantren Lirboyo, Mojoroto, Kediri), KH. Muhtadi Dimyati (Pondok Pesantren Roudlotul Ulum, Cidahu, Pandeglang).

Kemudian juga KH. Raden Kholil As’ad Syamsul Arifin (Pondok Pesantren Wali Songo, Panji, Situbondo), KH. Achmad Muzakki Syah (Pondok Pesantren Al Qodiri, Gebang, Patrang, Jember), H. Badrul Huda Zainal Abidin, (Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri), serta beberapa kiai lain.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah