Santri Innofest 2023, Ajang Kompetisi Inovasi Santri Dengan Total Hadian Puluhan Juta

- 12 Oktober 2023, 08:05 WIB
Santri Innofest 2023, Ajang Kompetisi Inovasi Santri Dengan Total Hadian Puluhan Juta
Santri Innofest 2023, Ajang Kompetisi Inovasi Santri Dengan Total Hadian Puluhan Juta /

NASIONAL - Hari santri menjadi perayaan dan gebyar kolosal yang melibatkan jutaan santri di berbagai kawasan. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga dimeriahkan beberapa santri diaspora yang tergabung di PCINU lintas negara.

Pada perayaan Hari Santri 2023 kali ini, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah menyiapkan rangkaian kegiatan yang berkolaborasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) mulai dari kirab, shalawat, jalan sehat, bakti sosial dan perlombaan.

Terdapat hal dan kegiatan baru yang akan yang akan dilakukan pada Hari Santri 2023 yakni Santri Innofest 2023. Acara ini adalah upaya untuk memfasilitasi inovasi, kolaborasi, dan inspirasi para santri di seluruh Indonesia dan yang tersebar di mancanegara. Dengan acara ini diharapkan bisa memberikan dampak positif yang besar bagi para santri.

Baca Juga: Gus Nabil Ajak Santri Seluruh Nusantara Ikuti Ijazah Kubro Pagar Nusa 2023, Mengenang Resolusi Jihad para Kiai

Ketua PBNU H Umarsyah menjelaskan bahwa terdapat tiga rangkaian kegiatan dalam Santri Innofest 2023 yakni kompetisi inovasi, konferensi cendekiawan muslim dan eksibisi pendidikan, karir dan wirausaha.

Acara yang bekerjasama dengan Indonesian Council of Youth Development (ICYD) ini memiliki dua kategori peserta yakni umum dan pelajar. Mereka dapat menciptakan ide inovasi dengan memilih salah satu dari enam topik Sustainable Development Goals (SDGs) yang tersedia yaitu perdagangan, pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan, dan lingkungan (green economy).

Peserta dapat menyampaikan ide inovasinya dalam bentuk essay atau video mulai dari tanggal 18 September 2023 melalui link pendaftaran berikut ini: linktr.ee/santri_innofest.

Sebanyak 10 ide inovasi akan dipilih dan dilakukan voting pada akun Instagram @santri_innofest. Para finalis akan mendapat sesi mentoring dari para expert sebelum memasuki babak final pada puncak acara Santri Innofest, 31 Oktober 2023 di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Mereka akan mempresentasikan ide inovasinya di hadapan juri dan pengunjung acara. Pada perlombaan ini akan dipilih tiga juara utama, serta Juara Favorit Kategori Umum dan Juara Favorit Kategori Pelajar. Pemenang akan mendapat hadiah total puluhan juta dalam bentuk dana pendidikan dan pembinaan.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah