Resmi Dikukuhkan Ini Pesan Khusus Ketum PBNU dan Presiden Joko Widodo untuk Pagar Nusa

- 27 Oktober 2023, 05:42 WIB
Resmi Dikukuhkan Ini Pesan Khusus Ketum PBNU dan Presiden Joko Widodo untuk Pagar Nusa
Resmi Dikukuhkan Ini Pesan Khusus Ketum PBNU dan Presiden Joko Widodo untuk Pagar Nusa /

NASIONAL - Ada yang spesial pada puncak Hari Santri Nasional 22 Oktober 2023 di Surabaya: dua upacara penting di Tugu Pahlawan dan Lapangan Jala Krida Mandala, Surabaya.

Di Tugu Pahlawan, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menyelenggarakan upacara mengenang Hari Santri Nasional. Sementara, di Lapangan Jala Krida Mandala, dilangsungkan Ijazah Kubro dan Pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama, masa khidmah 2023-2028.

Dua upacara ini menautkan semangat untuk mengenang sejarah pada 1945 lalu, tentang perjuangan membela tanah air dari sebuan penjajah. Mengenang resolusi Jihad yang digemakan oleh Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari sebagai seruan jihad untuk membela tanah air.

Baca Juga: Gus Nabil Ajak Santri Seluruh Nusantara Ikuti Ijazah Kubro Pagar Nusa 2023, Mengenang Resolusi Jihad para Kiai

Lapangan Jala Krida Mandala Surabaya dipilih sebagai lokasi Ijazah Kubro dan Pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama, karena di kawasan itu pada 1945 lalu, sebagai tempat bersandarnya kapal NICA yang langsung dihadang oleh para pejuang santri dan pahlawan rakyat.

"Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama berusaha mengambil semangat dan gairah perjuangan itu, untuk mengabdikan diri di bumi pertiwi dan khidmah kepada Nahdlatul Ulama," demikian ungkap Ketua Umum Pagar Nusa Nahdlatul Ulama M. Nabil Haroen.

Hadir dalam agenda ini Presiden Joko Widodo beserta jajaran menteri; Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kapolri Jendreral Listyo Sigit Prabowo dan Kepala TNI Yudho Margono, beserta tiga kepala staf Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Juga hadir Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf beserta juga jajaran juga hadir pada agenda Pengukuhan ini, beserta beberapa kiai sepuh, dewah Khos Pagar Nusa dan Majelis Pendekar.

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi prosesi Ijazah Kubro dan Pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah