Keistimewaan Bulan Rajab yang Luar Biasa

- 1 Februari 2022, 11:02 WIB
Keistimewaan bulan rajab
Keistimewaan bulan rajab /ahmad Amnan/ahmad amnan

BERITA BANTUL - Bulan Rajab termasuk bulan yang selalu ditunggu umat Nabi Muhammad SAW. Karena banyak berkah dan keistimewaan di dalamnya. 

Tidak lain keistimewaan itu terkait dengan sosok Nabi Muhammad, karena dalam bulan Rajab terjadi peristiwa Isra Mikraj. 

Di samping itu, bulan Rajab juga menjadi bulan haram, yakni bulan yang penuh berkah dan diharamkan melakukan hal buruk dan merugikan. 

Dikutip BeritaBantul.com dari kitab 'Jami’us Shaghir fi Ahadits an-Nadzir wa al-Basyir' terbitan Darul Kutub al-Ilmiyyah yang ditulis Imam Jalaluddin As-Suyuti, dijelaskan berikut ini.

Bulan Rajab adalah bulan istimewa. Banyak keutamaan ibadah yang bisa diraih pada bulan Rajab ini. Keistimewaan bulan Rajab di antaranya perintah melaksanakan shalat lima waktu yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad dalam peristiwa Isra' dan Mi'raj.

Di bulan istimewa ini umat Islam dianjurkan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah seperti shalat, puasa, shalawat, dan istighfar. Semua ibadah yang dilakukan ini harus diniatkan karena mengharapkan ridla Allah dengan penuh keimanan dan keyakinan.

Rasulullah SAW bersabda kepada Abdullah bin Harits yang bertanya tentang puasa sunnah kepada beliau:

“Berpuasalah kamu di bulan kesabaran (Ramadhan), kemudian berpuasalah tiga hari setelahnya, dan kemudian berpuasalah pada bulan-bulan haram”(Dzulqo'dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.). (HR. Ahmad, Abu Daud, An-Nasa'i dan Ibnu Majah).

Amalan pada bulan Rajab ialah berpuasa dan berdzikir terutama tiga hari awal bulan rajab.

Puasa hari pertama berfadilah menghapus dosa hak Allah dan dosa kecil selama tiga tahun.

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x