Kamu Pecinta Kopi, Yuk Baca Doa Ini Sebelum Minum Kopi Biar Ngopimu Semakin Berkah

- 7 Februari 2022, 18:49 WIB
Kamu Pecinta Kopi, Yuk Baca Doa Ini Sebelum Minum Kopi Biar Ngopimu Semakin Berkah
Kamu Pecinta Kopi, Yuk Baca Doa Ini Sebelum Minum Kopi Biar Ngopimu Semakin Berkah /Tangkapan layar Instagram/ @hamdiae/



BERITA BANTUL
- Doa sebelum minum kopi. Kalau mau minum kopi, jangan lupa berdoa ya. Kopi itu kenikmatan luar biasa, anugerah yang istimewa dari Allah SWT. Jangan sampai kenikmatan yang luar biasa ini kita lewatkan begitu saja tanpa dibarengi dengan doa.

Anugerahnya akan lebih terasa kalau kita berdoa. Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari akun facebook Ubaidillah Arsyad Pengajar di Pondok Pesantren Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati.

Kiai Ubaidillah Arsyad menjelaskan secara khusus doa minum kopi lengkap dengan penjelasan terkait landasannya. Simak berikut ini;

Baca Juga: Tips Agar Mudah Naik Haji Ijazah Khusus Dari Abah Guru Sekumpul Serta Penjelasannya

Al-Hujjah Durriyah Khalil dalam kitab Al-Fawaidul Ilahiyyah al-Waridah an Khoiril Bariyyah halaman 133 menjelaskan:

ﺭﻭﻱ ﺃﻥ ﺭﺟﻼً ﺻﺎﻟﺤﺎً ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻤﻐﺮﺏ ﻛﺎﻥ ﻳﺠﺘﻤﻊ ﺑﺎﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻈﺔ ﻓﻘﺎﻝ : ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻧّﻲ ﺃﺷﺮﺏ ﺍﻟﻘﻬﻮﺓ ﻓﻤﺎ ﺃﻗﻮﻝ ﻋﻨﺪ ﺷﺮﺑﻬﺎ، ﻗﺎﻝ : ﻗﻞ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺍﺟﻌﻠﻬﺎ ﻧﻮﺭﺍً ﻟﺒﺼﺮﻱ ﻭﻋﺎﻓﻴﺔً ﻟﺒﺪﻧﻲ ﻭﺷﻔﺎﺀً ﻟﻘﻠﺒﻲ ﻭﺩﻭﺍﺀً ﻟﻜﻞّ ﺩﺍﺀ ﻳﺎ ﻗﻮﻱ ﻳﺎ ﻣﺘﻴﻦ ﻭﺍﺗﻞ ﺍﻟﺒﺴﻤﻠﺔ ﻭﺍﺷﺮﺏ . ﺛﻢّ ﻗﺎﻝ : ﺇﻥ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ﺗﺴﺘﻐﻔﺮ ﻟﻚ ﻣﺎ ﺩﺍﻡ ﻃﻌﻢ ﺍﻟﻘﻬﻮﺓ ﻓﻲ ﻓﻤﻚ

"Telah diriwayatkan bahwa ada seorang ulama yang sholih dari Maroko berjumpa Nabi Muhammad SAW secara yaqzhatan (sadar), lalu bertanya: "Ya Rasulullah, aku ini penikkat kopi. Doa apa yang harus aku baca sebelum ngopi?"

Baca Juga: Doa Sapu Jagad Latin, Arab dan Artinya, untuk Kebaikan dan Keselamatan Dunia Akhirat

Rasulullah menjawab:

اَلَّلهُمَّ اجْعَلْهَا نُوْراً لِبَصَرِيْ، وَعَافِيَةً لِبَدَنِي، وَشِفَاءً لِقَلْبِي، وَدَوَاءً لِكُلّ دَاءٍ، يَا قَوِيُّ يَا مَتِيْنُ.

Allôhummaj'alhā nūron libasorī, wa 'āfiyatan libadanī, wa syifāan liqolbī, wa dawāan likulli dāin, yā qowiyyu yā matīn.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah kopi ini sebagai cahaya bagi mataku, jadikanlah kesehatan untuk badanku, jadikanlah penyembuh untuk hatiku, dan jadikanlah sebagai obat untuk semua penyakit wahai Dzat yang maha kuat."

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan

Sumber: Facebook


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x