Kiai Mahrus Aly Lirboyo Beri Ijazah Doa untuk 4 Waliyullah Pati Saat Pertanian Diserang Hama

- 6 Maret 2022, 14:49 WIB
Ijazah Doa Kiai Mahrus Aly Lirboyo Kediri
Ijazah Doa Kiai Mahrus Aly Lirboyo Kediri /tangkapan latar twitter @NU_bersatu/

BERITA BANTUL - Kiai Haji Mahrus Aly Lirboyo Kediri adalah sosok ulama kharismatik yang melahirkan ulama dan tokoh besar di Nusantara. 

Santri Kiai Mahrus tersebar di berbagai penjuru kampung dan kota. Kiai Mahrus selain luas ilmunya, juga sosok ulama yang ikut berjuang melawan penjajah. 

Kiai Mahrus Aly juga dikenal luas karomah-karomahnya yang melekat di hati para santri dan ulama. Hidupnya sepanjang hayat diabdikan untuk kemaslahatan umat.

Baca Juga: Nabi Khidir Datangi Lirboyo, KH Mahrus Aly Kecolongan, Ini yang Dikatakan Setelahnya

Pengasuh Pesantren Inaratud Duja Wonokerto Pati KH Dr Jamal Ma'mur Asmani menegaskan, Kiai Mahrus Aly juga sosok pejuang organisasi yang setia mendidik umat. Kiai Mahrus jadi Rais Syuriah PWNU Jawa Timur selama 26 tahun. 

Kiai Jamal, sapaannya, mengisahkan dirinya mendapatkan ijazah yang bersumber dari Kiai Mahrus Aly Lirboyo.

"Saya mendapatkan ijazah KH Mahrus Ali Lirboyo yang diijazahkan kepada empat tokoh ulama Pati saat sowan ke Lirboyo," kata Kiai Jamal kepada BeritaBantul.com, Minggu, 6 Maret 2022, melalui saluran smartphone.

Empat ulama Pati itu adalah KH Suyuthi Abdul Qadir Guyangan, KH Abdullah Zain Salam Kajen, KH MA Sahal Mahfudh Kajen, dan KH Muzayyin Haramain (Pendiri Madrasah Manabi'ul Falah Ngemplak Kidul). Keempatnya dikenal luas sebagai waliyullah.

Kiai Jamal menegaskan, empat tokoh ulama Pati tersebut sowan minta ijazah kepada KH Mahrus Ali ketika banyak petani Pati yang padinya dimakan wereng (hama) yang sangat meresahkan saat itu.

Baca Juga: Gus Miek Bertemu Pengemis Misterius, Ternyata Itu yang Dicari Kyai Mahrus Aly Lirboyo

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x