Viral Jokowi Disebut Firaun Oleh Cak Nun, Kekejaman Raja Mesir Ramses II yang Membunuh Rakyatnya Sendiri

- 21 Januari 2023, 08:55 WIB
Viral Jokowi Disebut Firaun Oleh Cak Nun, Kekejaman Raja Mesir Ramses II yang Membunuh Rakyatnya Sendiri
Viral Jokowi Disebut Firaun Oleh Cak Nun, Kekejaman Raja Mesir Ramses II yang Membunuh Rakyatnya Sendiri /pixabay/

TAFSIR QURAN - Viral Jokowi Disebut Firaun Oleh Cak Nun, Kekejaman Raja Mesir Ramses II yang Membunuh Rakyatnya Sendiri.

Nama Firaun atau Ramses II viral karena disebut Cak Nun Emha Ainun Najib yang disematkan kepada pemimpin Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Firaun adalah Raja Mesir yang dikenal kejam dan bengis, sehingga rakyat menjadi korban atas watak tiran dan kejamnya. 

Baca Juga: Profil Singkat Sayyidina Husein Cucu Rasulullah SAW, Karbala Jadi Saksi Kepalanya Terpengggal

Al Qur'an banyak merekam jejak Firaun dalam perjalanan hidupnya. Dalam QS Al Baqarah ayat 49, dijelaskan bahwa Firaun membunuh bayi laki-laki dari rakyatnya sendiri. 

Berikut ini adalah bacaan dan tafsir QS Al Baqarah ayat 49 tentang kejamnya Firaun yang membunuh anak laki-laki yang baru lahir saat itu. 

وَاِذْ نَجَّيْنٰكُمْ مِّنْ اٰلِ فِرْعَوْنَ يَسُوْمُوْنَكُمْ سُوْۤءَ الْعَذَابِ يُذَبِّحُوْنَ اَبْنَاۤءَكُمْ وَيَسْتَحْيُوْنَ نِسَاۤءَكُمْ ۗ وَفِيْ ذٰلِكُمْ بَلَاۤءٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ عَظِيْمٌ ( البقرة: ٤٩ )

Wa 'Idh Najjaynākum Min 'Āli Fir`awna Yasūmūnakum Sū'a Al-`Adhābi Yudhabbiĥūna 'Abnā'akum Wa Yastaĥyūna Nisā'akum Wa Fī Dhālikum Balā'un Min Rabbikum `Ažīmun. (al-Baq̈arah 2:49)

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Kami menyelamatkan kamu dari (Fir‘aun dan) pengikut-pengikut Fir‘aun. Mereka menimpakan siksaan yang sangat berat kepadamu. Mereka menyembelih anak-anak laki-lakimu dan membiarkan hidup anak-anak perempuanmu. Dan pada yang demikian itu merupakan cobaan yang besar dari Tuhanmu. (QS. [2] Al-Baqarah: 49)

Baca Juga: Ramai Cak Nun Sebut Jokowi Firaun, Gibran Beri Respon Santai: Wis Minta Maaf, Yowis!

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x