Dorong Peran Perempuan, GKR Mangkubumi: Di Kraton Yogyakarta Saya Ngurusi Masjid

- 9 Maret 2022, 23:46 WIB
Dorong Peran Perempuan, GKR Mangkubumi: Di Kraton Yogyakarta Saya Ngurusi Masjid
Dorong Peran Perempuan, GKR Mangkubumi: Di Kraton Yogyakarta Saya Ngurusi Masjid /Tangkapan layar/ kratonjogja.id/

BERITA BANTUL – GKR Mangkubumi mengajak seluruh perempuan di Indonesia berani menyuarakan gagasannya sehingga lebih maju dan mampu berperan dalam pembangunan.

Hal itu disampaikan dalam talkshow virtual “International Relations UII in Conversation menyambut Hari Perempuan Internasional” yang diikuti di Yogyakarta, Selasa, 8 Maret 2022.

“Masih banyak sekali yang introvert, tidak berani apa-apa, apa-apa diam. Sekarang sudah enggak bisa lagi karena sudah tuntutan zaman bahwa perempuan harus maju,” katanya, dikutip beritabantul.com dari Antara.

Baca Juga: Peringati Jumenengan Tingalan Dalem Sri Sultan HB X, Kraton Yogyakarta Gelar Labuan Alit di Parangkusumo

Putri sulung Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X itu mengaku mulanya pernah memiliki rasa tidak percaya diri untuk tampil di depan menyampaikan gagasan, namun perlahan perasaan itu ia lawan.

Menurut dia, setiap perempuan harus memiliki keyakinan bahwa pada dasarnya semua orang memiliki kesempatan dan potensi yang sama baik laki-laki maupun perempuan.

“Semua punya rasa takut saya pun juga begitu, tetapi dengan ambisi yang ada ya akhirnya mau enggak mau kita harus mendorong diri kita sendiri untuk berani. Kalau di-bully ya cuek sajalah tidak usah didengerin,” kata dia.

Baca Juga: Sri Sultan HB I Pernah Nyamar Jadi Santri dan Begini Asal Usul Nama Desa Wonokromo, Pleret, Bantul

Di lingkungan Keraton Yogyakarta, ia pun membuktikan sebagai perempuan mampu mengemban tanggung jawab besar sebagai Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Parwabudaya.

Halaman:

Editor: Ahmad Lailatus Sibyan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x