Derasnya Media Online, Gus Hilmy: Guru Paling Layak Mengisi Konten, Lakukan Secara Efektif dan Mudah Dipahami

- 5 Maret 2022, 17:07 WIB
Gus Hilmy membuka acara pelatihan mengelola media online Pergunu DIY
Gus Hilmy membuka acara pelatihan mengelola media online Pergunu DIY /amnan/beritabantul.com/

BERITA BANTUL - Peran guru dapat digantikan oleh media sosial bila guru hanya menyampaikan informasi dan pengetahuan.

Para guru justru harus berperan meningkatkan diri, di antaranya melalui penggunaan media sosial.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari D.I. Yogyakarta Dr. H. Hilmy Muhammad, M.A. pada acara Pelatihan Pengelolaan Media Online, Sabtu 5 Maret2022.

Baca Juga: PW Pergunu DIY Gelar Pelatihan Manajemen Media Online, Guru Nahdlatul Ulama Siap Tampil Menghiasi Media

Acara diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW Pergunu) DIY bekerja sama dengan Pimpinan Cabang (PC) Pergunu Kota Yogyakarta di Gedung DPD RI D.I. Yogyakarta.

“Sebagai sosok yang digugu dan ditiru, guru adalah yang paling layak mengisi konten di media sosial, sebab tidak mungkin guru mengisi media sosial dengan hal-hal negatif. Pasti isinya hal-hal yang baik dan bermanfaat,” ujar pria yang akrab disapa Gus Hilmy tersebut.

Tak hanya soal tantangan, Gus Hilmy juga menyampaikan pentingnya pengelolaan konten secara efektif sehingga pesannya mudah ditangkap.

“Soal materi atau konten, tentu guru tidak akan kekurangan. Konten bisa diambil dari buku, kitab atau bahan ajar yang disampaikan secara lebih menarik. Penting juga diperhatikan adalah soal durasi. Jangan sampai terlalu panjang dan menghabiskan quota. Kalau pun materi yang ingin disampaikan panjang, bisa dibagi dalam beberapa konten yang singkat, tapi pesannya mudah ditangkap," tegas Gus Hilmy.

Selain itu, Gus Hilmy mengingatkan kembali tentang dua misi utama Pergunu. Yang pertama adalah meningkatkan kualitas dan kemampuan guru. Dan kedua, meningkatkan kesejahteraan guru.

Baca Juga: Doa Khusus Guru Sekumpul Tiap Habis Subuh yang Tak Pernah Ditinggalkan, Amalkan Bersama Keluargamu

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x