Prediksi BMKG: Wilayah DIY Potensi Cuaca Ekstrem Pada 4-6 Januari 2023

- 4 Januari 2023, 08:59 WIB
Prediksi BMKG: Wilayah DIY Potensi Cuaca Ekstrem Pada 4-6 Januari 2023
Prediksi BMKG: Wilayah DIY Potensi Cuaca Ekstrem Pada 4-6 Januari 2023 /bmkg/

YOGYAKARTA - Prediksi BMKG: Wilayah DIY Potensi Cuaca Ekstrem Pada 4-6 Januari 2023.

Pada tiga hari, yakni 4-6 Januari 2023, wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta diprediksi akan mengalami cuaca esktrem, sehingga masyarakat diharapkan selalu waspada. 

BMKG DIY memprakirakan akan terjadi potensi curah hujan dengan intensitas sedang dan lebat, bahkan dapat disertai kilat atau petir. 

Baca Juga: Dapat Gaji Rp9,7 Miliar Per Hari, Ronaldo Datang ke Al Nassr Siap Jadi Pemenang

Penegasan tersebut berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, anomali suhu muka laut terpantau positif di Samudera Hindia Selatan Jawa yakni 0.5 °C s/d +1.5 °C, Indeks ENSO di Nino 3,4 bernilai -0.56 yang menyebabkan potensi peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

"Selain itu, terpantau adanya pusat tekanan udara rendah di Australia Bagian Barat Laut yang menyebabkan terbentuknya wilayah konvergensi (pertemuan massa udara) di sepanjang pulau Jawa sehingga memicu peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah D.I Yogyakarta," kata Warjono, Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, dikutip dari laporan BMKG DIY, 4 Januari 2023.

Dijelaskan juga, profil vertikal kelembapan udara di lapisan-lapisan pembentukan awan yang relatif cukup tinggi >70 % dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia termasuk D.I Yogyakarta.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, katanya, BMKG D.I Yogyakarta memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode tanggal 4 Januari 2023 – 06 Januari 2023.

Rincian yang diprediksi BMKG dapat terjadi di wilayah D.I Yogyakarta sebagai berikut:

Baca Juga: Hubungan antara Suami dan Istri Menentukan Mengalirnya Rezeki, Begini yang Disampaikan Gus Baha

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x