Keistimewaan Kiai Kategan Plered, Penghulu Kerajaan Mataram Islam di Masa Sultan Agung Hanyokrokusumo

- 3 Januari 2023, 06:00 WIB
Keistimewaan Kiai Kategan Plered, Penghulu Kerajaan Mataram Islam di Masa Sultan Agung Hanyokrokusumo
Keistimewaan Kiai Kategan Plered, Penghulu Kerajaan Mataram Islam di Masa Sultan Agung Hanyokrokusumo /facebook/asuyaser/

TOKOH - Keistimewaan Kiai Kategan Plered, Penghulu Kerajaan Mataram Islam di Masa Sultan Agung Hanyokrokusumo.

Namanya Kiai Kategan, sosok ulama yang diminta jadi penghulu oleh Raja Mataram Islam Sultan Agung Hanyokrokusumo (1593 - 1645).

Nama Kiai Kategan tak banyak dibicarakan. Tapi kemasyhuran Sultan Agung punya jejak keluhuran dari ulama yang jadi penghulu Kerajaan Mataram Islam itu. 

Baca Juga: Kenapa Makam Raja Mataram Amangkurat 1 Tidak Berada di Makam Raja Imogiri?

Dijelaskan oleh Yaser Muhammad Arafat, Kiai Ahmad Kategan, atau biasanya disebut Kiai Kategan, termasuk dalam kelompok “Kyai Ageng” setelah masa para wali sanga.

"Gelar 'Kyai Ageng' ini menandakan bahwa sang pemilik gelar merupakan seorang guru besar dalam ilmu kasunyatan atau ilmu yang dalam khazanah ilmu-ilmu kesilaman di arab disebut: makrifat," tegas Yaser.

Menurutnya, 'Kyai Ageng' bersemakna dengan gelar 'al-Syaikh al-Akbar'. Di negeri padang pasir, sejauh ini gelar itu merupakan anugerah bagi sang quthb makrifat pada masanya, Ibnu Arabi. Kyai sama dengan al-Syaikh. Ageng sama dengan al-Akbar.

"Dalam peta tata kekaratonan mataram Islam pada zamannya, Kiai Kategan adalah ulama yang dilambangkan dengan gajah (liman)," tuturnya.

Karena dilambangkan gajah itu, sambungnya, berarti sang linambang tersebut merupakan ulama yang ikut dalam penataan kebijaksanaan melalui jalur pengajaran ilmu pengetahuan dan seturutnya untuk orang banyak.

"Maklumat ini mengantarkan pemahaman penting pada kenyataan bahwa Kiai Kategan adalah seorang penghulu yang diminta langsung oleh Sinuwun Sultan Agung Hanyakrakusuma," tegasnya.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x