Kenapa Makam Raja Mataram Amangkurat 1 Tidak Berada di Makam Raja Imogiri?

- 30 Desember 2022, 16:16 WIB
Makam Raja Mataram Amangkurat 1 Tidak Berada di Makam Imogiri
Makam Raja Mataram Amangkurat 1 Tidak Berada di Makam Imogiri /facebook/adib/

TOKOH - Kenapa Makam Raja Mataram Amangkurat 1 Tidak Berada di Makam Raja Imogiri?

Raja Amangkurat 1 punya sejarah kelam dalam sejarah Mataram Islam di Yogyakarta. Namanya sering dikaitkan dengan berbagai tragedi berdarah yang menyesakkan. 

Makam Amangkurat 1 ternyata tidak berada di Makam Raja-raja Imogiri, tetapi berada di Komplek Makam Tegal Arum Kabupaten Tegal Jawa Tengah. 

Baca Juga: Makam Raja Mataram Amangkurat 1 Terletak di Komplek Makam Tegal Arum Kabupaten Tegal Jawa Tengah

Bagaimana kok sampai Amangkurat 1 tidak dimakamkan dengan keluarga Raja Mataram di Makam Imogiri?

Dijelaskan, dada masa pemerintahannya, Amangkurat I menjalin hubungan dengan VOC yang berpusat di Batavia. Hal ini sangat tidak sejalan dengan ayahnya, Sultan Agung dimana sangat memusuhi dan mengobarkan perang dengan VOC.

Pada tahun 1646 ia mengadakan perjanjian dengan VOC dimana perjanjian ini berbunyi pihak VOC diizinkan membuka pos-pos dagang di wilayah Mataram, sedangkan pihak Mataram diizinkan berdagang ke pulau-pulau lain yang dikuasai VOC.

Kedua pihak juga saling melakukan pembebasan tawanan.

Saat Amangkurat I memerintah kerajaan Mataram diwarnai dengan pembunuhan tokoh-tokoh señor dan penguasa-penguasa daerah yang pemikirannya tidak sejalan dengannya diantaranya Tumenggung Wiraguna dan Tumenggung Danupaya termasuk pangeran Pekik dari Surabaya, mertuanya sendiri.

Amangkurat I juga menutup pelabuhan dan menghancurkan kapal-kapal di kota-kota pesisir, untuk mencegah berkembangnya kekuatan mereka karena kesejahteraan yang meningkat.

Halaman:

Editor: Amrullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x