Makam Raja Mataram Amangkurat 1 Terletak di Komplek Makam Tegal Arum Kabupaten Tegal Jawa Tengah

- 30 Desember 2022, 15:48 WIB
Makam Raja Mataram Amangkurat 1 Terletak di Komplek Tegal Arum Kabupaten Tegal Jawa Tengah
Makam Raja Mataram Amangkurat 1 Terletak di Komplek Tegal Arum Kabupaten Tegal Jawa Tengah /kemdikbud/

TOKOH - Makam Raja Mataram Amangkurat 1 Terletak di Komplek Makam Tegal Arum Kabupaten Tegal Jawa Tengah. 

Raja Mataram Islam setelah wafatnya Sultan Agung adalah putranya yang bergelar Sri Susuhunan Amangkurat Agung atau disebut Amangkurat I.

Nama aslinya adalah Raden Mas Sayyidin bin Sultan Agung Hanyokrokusumo bin Sultan Agung Hanyokrowati bin Panembahan Senopati.

Baca Juga: Silsilah Nasab Gus Dur Sampai Rasulullah Melalui Jalur Jaka Tingkir

Jadi, Amangkurat 1 adalah Raja Mataram Islam yang ke 4. Makamnya ternyata bukan di Makam Raja Imogiri, tapi di Kabupetan Tegal Jawa Tengah. 

Tepatnya, makam Amngkurat 1 terletak di Komplek Makam Tegal Arum, di Dusun Pakuncen, Desa Pasarean, Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Propinsi Jawa Tengah.

Adapun dusun Pakuncen ini sebelah timur berbatasan dengan Dusun Lemah Dhuwur, sebelah barat Dusun Klemben, sebelah selatan dusun Kanjen (termasuk kelurahan Pakuncen) dan sebelah utara desa Kajen kecamatan Talang.

Area situs ini dapat ditempuh melalui Slawi – Tegal. Setelah mencapai pada km 7 mengambil arah barat melalui jalan Amangkurat. Komplek Makam Tegal Arum berada kurang lebih 700 meter dari Jalan Raya Slawi-Tegal.

Komplek Makam Tegal Arum berada di tengah-tengah perkampungan penduduk yang lumayan padat.

Terdapat beberapa bangunan fasilitas disekeliling komplek makam seperti sekolah dasar yang berada di utara jalan masuk ke komplek makam dan kantor kelurahan Pasarean di selatan jalan masuk ke komplek makam.

Halaman:

Editor: Amrullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x