Gus Dur dan Sastra yang Tak Terwujud; Ide untuk Novel yang Belum Sempat Ditulis

- 15 November 2022, 14:45 WIB
Gus Dur belum sempat menuliskan novelnya
Gus Dur belum sempat menuliskan novelnya /Tangkapan layar Facebook/Santri Gus Dur

BERITA BANTUL – Gus Dur dan sastra yang tak terwujud; ide untuk novel yang belum sempat ditulis.

Salah satu hal yang ingin Gus Dur wujudkan dalam hidupnya adalah menulis novel yang kemudian diterbitkan sehingga bisa dibaca oleh orang banyak.

Akan tetapi, keinginan Gus Dur tersebut sama sekali tidak terwujud bahkan hingga Tuhan memanggilnya.

Nama Gus Dur atau Abdurrahman Wahid tak sekalipun muncul dalam deretan sastrawan Indonesia, sebagaimana karibnya; Gus Mus (Ahmad Musthafa Bisri) atau Ahmad Tohari.

Baca Juga: Puisi Gus Dur, Aku Rindu Padamu Karya KH Dr Jamal Makmur Asmani

Hal ini mungkin hanya soal waktu belaka atau pilihan apa yang paling mendesak bagi Gus Dur untuk segera diselesaikan. Hasratnya untuk menulis novel terus terpendam dalam palung hatinya.

Gus Mus mengatakan bahwa Allahu yarham Gus Dur punya novel bagus sekali tentang kehidupan kiai dan dunia pesantren. Sudah pernah diceritakan secara lisan ketika di Mesir.

Dari waktu ke waktu, Gus Mus berusaha mendorong Gus Dur untuk mewujudkannya dalam tulisan. Namun demikian, ternyata usaha Gus Mus kalah dengan kesibukan-kesibukan keumatannya yang berdesak-desak berlomba minta perhatian Gus Dur.

Greg Barton, penulis Biografi Gus Dur, menginformasikan kepada kita pikiran Gus Dur yang memukau dan dekonstruktif. Dia tak hendak terbelenggu dalam terma baku sastra formalistik yang acap kali kering kerontang dari roh transenden.

Halaman:

Editor: Joko W

Sumber: Facebook


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x