Belajar Fatihah Selama 3 Bulan, Gus Mus Digembleng KH Abdul Qadir Munawwir Sampai Ditanyakan di Akhirat

- 24 Desember 2022, 10:31 WIB
Belajar Fatihah Selama 3 Bulan, Gus Mus Digembleng KH Abdul Qadir Munawwir Sampai Ditanyakan di Akhirat
Belajar Fatihah Selama 3 Bulan, Gus Mus Digembleng KH Abdul Qadir Munawwir Sampai Ditanyakan di Akhirat /facebook/mustofa.haroen/

TOKOH - Belajar Fatihah Selama 3 Bulan, Gus Mus Digembleng KH Abdul Qadir Munawwir Sampai Ditanyakan di Akhirat.

Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta sangat identik dengan Al Qur'an. Pendirinya, KH Muhammad Munawwir adalah mahaguru Al Qur'an di Indonesia.

KH Ahmad Mustofa Bisri atau sering disebut Gus Mus pernah mengaji secara khusus terkait Fatihah di Krapyak.

Baca Juga: Innalillahi Nyai Hj Salimah Abdul Qodir, Istri KH R Abdul Qadir Munawwir Wafat

Diakuinya, Gus Mus begitu mencintai Krapyak. Ini tak lepas dari jejak hidup dan ngajinya di Krapyak kepada KH Abdul Qodir Munawwir dan KH Ali Maksum.

Ayah Gus Mus, Kiai Bisri Mustofa sangat dekat dengan KH Ali Maksum, sehingga putra-putranya nyantri di Krapyak, seperti Kiai Kholil Bisri, Gus Mus, dan Gus Adib.

Ketika sampai di Krapyak, Kiai Bisri menyerahkan Gus Mus muda kepada Kiai Abdul Qodir Munawwir.

“Kiai, hari ini saya titip anak saya kepada Kiai. Tolong ajari anak saya bagaimana caranya membaca Al-Fatihah yang baik dan benar. Tapi ingat Kiai, kalau nanti shalat anak saya sampai tidak diterima oleh Allah subhaanahu wa ta’ala lantaran fatihah yang Kiai ajarkan, saya akan tuntut Kiai nanti di Yaumil Hisab.” Ujar Kiai Bisri kepada Kiai Qodir.

Dari sini, Kiai Qodir memegang teguh komitmennya dalam mendidik Gus Mus. Kiai Qodir benar-benar memberikan perhatian, sehingga bacaan al-Fatihah Gus Mus bisa baik dan benar.

Dalam suatu pengajian di Krapyak, Gus Mus mengisahkan dirinya mengaji Al-Fatihah kepada Kiai Qodir selama tiga bulan. Sampai-sampai Gus Mus seakan sakit hati karena santri-santri yang lain sudah khatam, tetapi Gus Mus sendiri masih saja ngaji Al-Fatihah.

Halaman:

Editor: Amrullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x