Definisi Ajaran Nasionalisme Bung Karno untuk Indonesia Saat Ini

- 5 Desember 2022, 11:41 WIB
Presiden pertama dan Proklamator RI Bung Karno
Presiden pertama dan Proklamator RI Bung Karno /facebook/udin/

TOKOH - Definisi Ajaran Nasionalisme Bung Karno untuk Indonesia Saat Ini.

Nasionalisme yang diajarkan Bung Karno mengandung arti cinta dan bangga terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Namun, dalam realitas saat ini nasionalisme sepertinya menjadi sikap yang sulit ditemui, bahkan dapat juga dikatakan sangat langka.

Baca Juga: Gus Dur yang Bersahaja, Jiwa yang Bergolak dan Tak Ingin Mengecewakan Mereka yang Berharap kepadanya

Sebagai contoh sederhana, di zaman sekarang ini, banyak masyarakat lebih tertarik terhadap produk-produk buatan luar negeri dibandingkan produk-produk dalam negeri.

Anggapan lebih berkelas dan lebih baik dari sisi kualitas dan model mendasari tindakan demikian. Padahal, apabila ditelusuri lebih lanjut, anggapan itu belum tentu benar.

Sebagai contoh, mari kita belajar dari industri fashion. Saat ini, Indonesia menjadi negara incaran para pemilik merek fashion terkenal di dunia.

Banyak diantara pemilik merek tersebut sengaja mencari produsen pakaian jadi kebanyakan berada di Bandung, Jawa Barat untuk meminta model terbaru yang nantinya akan diberi label merek mereka.

Dan mereka menggandeng produsan pakaian dari Bandung karena suka dengan proses pengerjaan pakaian yang teliti dan harganya yang sangat murah.

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x