Raja yang Bergelar Sultan, Ini Makna Sultan Sesuai Surat Ar-Rahman Ayat 33

- 13 Februari 2022, 15:03 WIB
Raja yang Bergelar Sultan, Ini Makna Sultan Sesuai Surat Ar-Rahman Ayat 33
Raja yang Bergelar Sultan, Ini Makna Sultan Sesuai Surat Ar-Rahman Ayat 33 /klimkin/pixabay/

BERITA BANTUL - Raja-raja di Nusantara menyematkan gelar Sultan dalam kebesarannya. Gelar Sultan ini menjadi legitimasi agama bagi raja, sehingga mengukuhkan wilayahnya kepada rakyat. 

Yang pertama menyematkan gelar Sultan adalah Kerajaan Samudera Pasai, kerajaan Islam pertama di Nusantara. Rajanya yang sekaligus pendiri kerajaan adalah Sultan Malik Al-Saleh.

Kerajaan Samudera Pasai berkuasa dari abad ke-13 sampai ke-16. Terletak di pesisir utara Sumetera, dekat Kota Lhokseumawe, Aceh.

Baca Juga: Humor Gus Dur yang Membuat Pak Harto Takluk, Kyai Pelosok Kampung Jadi Saksi Tawa Ngakak

Sebagaimana dikutip dari BeritaBantul.com dari buku 'Ensiklopedia Kerajaan-Kerajaan Nusantara' yang diterbitkan Multi Kreasi Satu Delapan, Bandung, tahun 2010, dan ditulis Srinansy dan Harry Rachadian, dijelaskan bahwa letak Kerajaan Samudera Pasai sangat strategis.

Karena letak strategis itu, Samudera Pasai menjadi daerah di Nusantara yang pertama kali dikunjungi oleh para pedagang dan pelayaran.

Gelar Raja yang bergelar sultan kemudian diteruskan para raja berikutnya. 

Setelah Sultan Malik Al-Saleh (1267-1297), kemudian dilanjutkan Sultan Muhammad Malik az-Zahir I/Muhammad I (1297-1326). Urutan berikutnya sebagaimana berikut ini. 

1. Sultan Malik Al-Saleh (1267-1297)

2. Sultan Muhammad Malik az-Zahir I/Muhammad I (1297-1326) 

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x