Sunan Kalijaga Dalang Sangat Masyhur yang Paling Dicintai Masyarakat, Ternyata Ini Rahasianya

- 22 Februari 2022, 10:00 WIB
Sunan Kalijaga Dalang Paling Dicintai Masyarakat
Sunan Kalijaga Dalang Paling Dicintai Masyarakat /facebook/udin/

BERITA BANTUL - Jagat media sosial diramaikan potongan video pentas wayang di Pesantren Ora Aji Sleman asuhan Gus Miftah.

Dalam video itu, Khalid Basalamah dihajar oleh lakon tokoh bernama Prabu Bolodewo. Senin, 21 Februari 2022, nama Gus Miftah akhirnya trending di jagad twitter.  

Pemilik nama lengkap Miftah Maulana Habiburrahman itu juga membaca syair yang menyinggung Khalid Basalamah. 

Baca Juga: Sunan Kalijaga Jadi Dalang Sangat Menakjubkan, Nanggap Wayangnya Tidak Bayar Pakai Uang, Tapi...

Baca Juga: Mobil Gus Dur Dikejar Polisi Orde Baru, yang Terjadi Tak Terduga, KAGET BENERAN!

"Haruskah wayang diganti film-film tentang agama produk asing yang membiayai setiap jengkal pergerakan dan pemberontakan atas nama agama," kata Gus Miftah dalam syair puisinya. 

Terkait hal tersebut, sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari buku 'Atlas Wali Songo' karya Agus Sunyoto yang diterbitkan Pustaka IIMaN dan LESBUMI PBNU, 2017, dijelaskan bahwa Sunan Kalijaga adalah sosok dalang yang menakjubkan.

Dijelaskan Agus Sunyoto, salah satu yang paling digemari masyarakat adalah lakon Dewa Ruci dari epos Ramayana dan Mahabharata, yaitu lakon wayang yang merupakan pengembangan naskah kuno Nawa Ruci. 

"Lakon Nawa Ruci atau Dewa Ruci mengisahkan perjalanan ruhani tokoh Bima mencari Kebenaran di bawah bimbingan Bhagawan Drona sampai ia bertemu dengan Dewa Ruci," tegas Agus Sunyoto dalam bukunya di halaman 268.

Ada rahasia dahsyat yang membuat Sunan Kalijaga jadi dalang sangat masyhur dan paling dicintai masyarakat dari berbagai lapisan saat itu.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x