Puisi Rendra Melegenda Tentang Kehidupan 'Sajak Seorang Tua Untuk Isterinya'

- 18 Mei 2022, 18:45 WIB
Puisi Rendra
Puisi Rendra /Tangkapan Layar Kanal YouTube/Burung merak Indonesia/

BERITA BANTUL - Willibrordus Surendra Broto, dikenal luas dengan nama W.S. Rendra, lahir di Surakarta (Solo) pada tanggal 7 November 1935 dari pasangan R. Cyprianus Sugeng Brotoatmodjo dan Raden Ayu Catharina Ismadillah.

Mengutip Harlina Indijati dan Abdul Murad dalam Biografi Pengarang Rendra dan Karyanya (1996), “dari nama-nama itu dapat ditebak bahwa WS. Rendra berasal dari keluarga Katolik yang dibesarkan di lingkungan budaya Jawa”.

Sugeng Brotoatmodjo adalah seorang Kepala Sekolah Dasar Negeri Kebalen, Solo. Beliau juga seorang guru bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.

Baca Juga: Sajak Doa Orang Lapar, Puisi Rendra yang Menggelegar

Selain itu, Sugeng Brotoatmodjo dikenal sebagai pelaku seni drama tradisional. Sementara itu, Raden Ayu Catharina adalah seorang penari di istana Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Rendra merupakan salah satu seniman puisi dan teater yang terkenal di Indonesia. Dari tangan dinginnya, banyak karya-karya sastra fenomenal yang terlahir mengikuti zaman. Sejak muda, Rendra sudah aktif menulis puisi, skenario drama, cerpen, dan esai sastra di berbagai media massa.

Semasa hidupnya, WS Rendra banyak menghasilkan karya yang mengkritik rezim (Orde Baru) saat itu.

Berikut dikutip dari BeritaBantul.com puisi rendra yang berjudul Sajak Seorang Tua Untuk Isterinya yang sangat luar biasa.

Sajak Seorang Tua Untuk Isterinya

Halaman:

Editor: Ahmad Amnan

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x