Mengenal Kata Tantrum, Pasti Anda Pernah Mengalaminya Ketika Masih Anak-anak

- 9 Desember 2022, 21:25 WIB
Ilustrasi mertua memarahi menantu
Ilustrasi mertua memarahi menantu /Pixels/Liza Summer/

GAYA HIDUP-Pernahkah Anda mendengar istilah kata “tantrum”. Jika belum mari kita pahami bersama dengan uraian tentang tantrum di bawah ini.

Singgung sedikit, bahwa tantrum merupakan sebuah sikap atau perilaku yang wajar terjadi pada setiap orang yang ditimbulkan dari perasaannya sendiri ketika merasa kecewa.

Anda pasti pernah mengalami kemarahan yang berlebihan bukan? Bagaimana Anda mengatasinya? Itulah kata lain dari tantrum, selengkapnya simak di bawah ini.

Baca Juga: Ingin Hidup Bahagia Berhenti Mengeluh Perbanyak Rasa Syukur Maka Bahagia Akan Selalu Menghampiri

Pengertian tantrum yang dirujuk dari buku berjudul Tantrum Secret Calming the Strom, bahwa tantrum adalah perasaan emosi yang tidak terkontrol. Secara sederhana, tantrum merupakan sikap marah atau murka.

Namun, perilaku ini wajar terjadi karena masih tergolong normal sebagai wujud proses perkembangan pada anak. Adapun faktor penyebab terjadinya tantrum pada anak, yaitu:

Pertama, ada sesuatu yang menghalangi keinginan anak, sehingga anak menggunakan sikap tantrumnya untuk mencapai suatu keinginan tersebut.

Kedua, terkadang anak cenderung tidak mampu mengungkapkan diri atau keterbatasan dalam bahasa. Sehingga, anak merasa frustasi yang dapat menimbulkan sikap tantrumnya.

Baca Juga: Taukah Anda, Memendam Stres di Kepala Dapat Menyebabkan Mati Muda

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x