Ibadah Akan Kacau Hilang Khusyuknya Gara-gara Minum Ini, Nasehat Waliyullah Mbah Dullah Salam Kajen

- 4 Maret 2022, 15:11 WIB
Nasehat Waliyullah Mbah Dullah Salam Kajen
Nasehat Waliyullah Mbah Dullah Salam Kajen /facebook/udin/

BERITA BANTUL - KH Abdullah Salam Kajen, ulama masyhur asal Pati Jawa Tengah. Nasehat-nasehatnya sangat mengagumkan, membekas di hati.

Mbah Dullah, sapaannya, lebih sering menampilkan uswah hasanah (teladan agung) daripada mauidhoh hasanah (ceramah). 

Kisah hidup Mbah Dullah jadi inspirasi hidup yang luar biasa. Siapa saja yang datang ke rumahnya, dapat ilmu yang terkenang sepanjang masa.

Baca Juga: Mbah Dullah Turun Panggung Cium Tangan Penjual Dawet, Pejabat dan Ribuan Tamu Tercengang, Siapa Dia? 

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari kanal facebook Anis Sholeh Ba'asyin, 8 Juli 2013, dijelaskan tentang kisah hubungan makanan dan minuman dengan ibadah. Begitu banyaknya, sehingga bisa memberi gambaran adanya hubungan langsung antara makanan dan minuman dengan ketaatan dan kedurhakaan.

Habib Anis, sapaannya, mengisahkan sosok Mbah Dullah Salam Kajen Pati yang memberikan nasehat luar biasa terkait makanan. 

"Allahyarham KH. Abdullah Salam Kajen misalnya dulu sering bercerita tentang seorang syaikh sufi yang menjadi kacau kekhusyukannya dalam beribadah malam hari, hanya gara-gara minum susu kambing," tegas Habib Anis.

Susu tersebut mengganggu ibadahnya, katanya, karena berasal dari kambing yang telah mengkonsumsi rumput yang diambil dari ladang orang, tanpa seijin pemiliknya.

Baca Juga: Supir Taksi Bertemu Mbah Dullah Saat Berada di Makkah, Ternyata yang Terjadi Berbeda, Supir Langsung Nangis

Cerita ini, bagi Habib Anis, memberikan paham bahwa meski berasal dari sebab sepele (keharaman rumput yang oleh pemiliknya sendiri mungkin tidak terlalu digubris), dan bersifat tidak langsung (rumput yang haram tersebut dikonsumsi kambing); tapi efeknya secara langsung menyebabkan sang syaikh kelimpungan dalam beribadah.

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Facebook Anis Sholeh Ba'asyin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x