Cara Makan Pakai Jari Sesuai Sunnah Nabi, Benarkah Hanya Pakai 3 Jari Saja?

- 4 Maret 2022, 22:04 WIB
Makan Pakai Tiga Jari
Makan Pakai Tiga Jari /islami/

BERITA BANTUL - Makan pakai tiga jari sering dialamatkan sebagai tata cara sesuai sunnah Nabi. Kalau di Nusantara, tata cara ini memang tidak lazim, karena menu makannya beda. 

Cara makan dalam masyarakat modern dilakukan dengan sendok, tentu tidak pakai jari lagi. Ini akan jadi bahan pertanyaan, khususnya terkait pahalanya. 

Menu makan juga jadi bahan pertanyaan yang sama, karena menu soto tentu sulit kalau pakai tiga jari. Terus, bagaimana sebaiknya konteks makan pakai tiga jari itu?

Baca Juga: Kiai Hamid Pasuruan Menangis Saat Nabi Datang Acara Maulid, yang Terjadi Sungguh Menakjubkan

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari kanal Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB, dijelaskan makna hadits yang menjelaskan Nabi Muhammad SAW ketika makan pakai tiga jari.

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يأكل بأصابعه الثلاث

Artinya: "Rasulullah setiap makan memakai tiga jemari."

Sangat jelas, hadits ini memang menjelaskan makan pakai tiga jari yaitu ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah dan menjilat tangan beliau dimulai dari jari tengah, jari telunjuk kemudian ibu jari sebelum beliau mengusapnya dengan sapu tangan. 

Imam Nawawi berkata: makan dengan tiga jari hukumnya sunnah, dan tidak menggabungkan jari keempat dan kelima kecuali karena darurat. Termasuk kesunahan makan adalah menjilat tangan untuk menjaga barokah makanan dan membersihkan tangan.

Imam Tabrani menegaskan, Rasulullah makan dengan menggunakan tiga jari dan minta tolong pada jari keempat. 

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah - KTB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah