Rahasia Karomah Gus Miek Dibongkar Wali Jadzab Sidoarjo, Kisahnya Menggetarkan Siapa Saja

- 6 Maret 2022, 09:29 WIB
Rahasia Karomah Gus Miek Dibongkar Wali Besar Sidoarjo
Rahasia Karomah Gus Miek Dibongkar Wali Besar Sidoarjo /faceook/udin/

BERITA BANTUL -  Gus Miek punya hubungan akrab dengan wali besar asal Sidoarjo, KH Ali Mas'ud. Dua ulama yang sama-sama masyhur pada jamannya dan punya ribuan jamaah. 

Gus Ud atau Mbah Ud, sapaan akrab KH Ali Mas'ud. Sering dikenal seorang wali jadzab, karena perilaku dan gaya hidupnya nyentrik, tidak lazim. Sama seperti Gus Miek. 

Gus Miek dan Mbah Ud sama-sama tak pernah sepi makamnya dari peziarah. Mereka datang dari berbagai penjuru kampung di Nusantara. 

Baca Juga: Santri Ragu Kewalian Gus Miek, Katanya Tidak Pernah Shalat, Eh... Tiba-tiba Shalat di Atas Daun Pisang

Sebagaimana dikutip BeritaBantul.com dari buku 'Perjalanan dan Ajaran Gus Miek' karya M. Nurul Ibad, dikisahkan pertemuan dua wali besar ini. Gus Miek jauh lebih muda dan tentu saja sangat menghormati Mbah Ud. 

Tapi sosok Mbah Ud juga luar biasa memberikan penghormataan sama Gus Miek. Pada satu saat, ketika Gus Miek masih berusia 9 tahun, ia sowan ke rumah Mbah Ud. Banyak tokoh yang saat itu datang sowan Mbah Ud, terlebih para kiai-kiai di Jawa Timur. 

Di rumah Mbah Ud ini pula, untuk pertama kalinya KH Achmad Siddiq bertemu Gus Miek. Kiai Achmad masih berusia 23 tahun dan jadi sekretaris pribadi KH. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang.

Saat sowan ini, Kiai Achmad ingin minta berkah doa kepada Mbah Ud. Minta diberi hadiah bacaan Fatihah untuk keselamatan dan kesuksesan hidup.

Saat itu, Mbah Ud menolak permintaan Kiai Achmad Siddiq. 

Baca Juga: Dalam 1 Waktu, Gus Miek Kecil Ada di 2 Tempat, Ternyata yang Jadi Saksi Seorang Ulama Besar

Halaman:

Editor: Muhammadun

Sumber: Penerus Para Nabi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah