Pawang Hujan Tambakberas, Kesaktian Waliyullah Kiai Hamid Chasbullah

- 22 Maret 2022, 10:20 WIB
Pawang Hujan Tambakberas, Kesaktian Waliyullah Kiai Chamid Chasbullah
Pawang Hujan Tambakberas, Kesaktian Waliyullah Kiai Chamid Chasbullah /kolase facebook/udin/

BERITA BANTUL - Salah satu ulama besar Indonesia dari Tambakberas Jombang adalah KH Abdul Hamid Chasbullah yang masyhur dikenal seorang waliyullah.

Kiai Hamid dikenal bukan sosok aktivis seperti kakak kandungnya, Kiai Wahab Chasbullah. Kiai Hamid fokus ngaji dan jadi imam, hidupnya sederhana dan tawadlu. 

Kalau soal kesaktian, Kiai Hamid sangat masyhur. Bisa menghentikan hujan sekaligus mendatangkan hujan. Pawang hujan istilahnya.

Baca Juga: Rahasia Sakti Pawang Hujan Gus Miek, Derasnya Air Menyisih Seketika

Salah satu karomah Kiai Hamid adalah tidak bisa difoto. Hanya ada satu buah foto beliau, yang diambil oleh Kiai Malik (salah satu putra beliau). Itupun hasil cetak gambarnya tidak jelas alias kabur, buram.

Demi mengenalkan sosok Kiai Hamid kepada anak cucu alumni, dan santri, maka keluarga berinisiatif menggali informasi tentang deskripsi fisik Kiai Hamid, selain juga tentang kisah hidupnya.

Lukisan dalam foto mulai dibuat tahun 2016 oleh seniman NU Jatim (Pak Nonot Sukrasmono), atas permintaan dan kesepakatan keluarga besar bani KH. Abdul Hamid Hasbullah.

Lukisan Kiai Hamid dibuat berdasarkan keterangan para sesepuh keluarga dan para alumni Tambakberas era 1950-an.

Baca Juga: Bisikan Habib Ja'far Menembus Langit Kewalian Kiai Hamid Pasuruan, Seketika Bergetar Luar Biasa

Hari Rabu, 21 Juni 2017 (26 Ramadlan 1438 H), keluarga bani Hamid mengadakan buka bersama di ndalem kasepuhan dalam rangka kirim doa dan selametan launching lukisan Mbah Hamid yang sudah jadi beberapa hari sebelumnya.

Halaman:

Editor: Muhammadun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x