Makna Nuzulul Qur'an Menurut KH Sahal Mahfudh, Ulama dari Tanah Kajen Pati Jawa Tengah

- 10 April 2022, 20:35 WIB
Pengertian Nuzulul Qur'an Menurut KH Sahal Mahfudz
Pengertian Nuzulul Qur'an Menurut KH Sahal Mahfudz /facebook/jamalpati/

BERITA BANTUL – Berikut pengertian Nuzulul Qur’an dari kaca mata Kiai Sahal Mahfudh, Rais Aam PBNU sekaligus pendiri Pondok Pesantren Maslahul Huda Kajen Pati.

Nuzulul Qur’an dalam pengertian singkat adalah diturunkannya Al-Qu’an, dimana diketahui oleh seluruh umat Islam bahwa peringatannya selalu pada malam tanggal 17 Ramadhan.

Menurut Kiai Sahal, proses Nuzurlul Qur’an yang diturunkan Allah Swt kepada Nabi Muhammad Saw lewat Malaikat Jibril Alaihis Salam melalui tiga tahap:

Baca Juga: Rahasia dan Keutamaan Lailatul Qadar Tafsir Surat Al Qadr Ayat 1-5, Dilengkapi Bacaan Latin, Arab dan Terjemah

Tahap yang pertama

Al-Qur’an diturunkan Allah secara keseluruhan ke lauhul mahfudh. Tidak hanya al-Qur’an, al-kutub al-samawiyyah dan semua yang akan terjadi diturunkan Allah ke Lauhul Mahfudh. Hal ini tersurat dalam ayat al-Qur’an, بَلْ هُوَ قُرْاءَنٌ مَجِيْدٌ فِيْ لَوْحٍ مَحْفُوْظٍ .

Kapan Allah menurunkan Al-Qur’an di lauh al-mahfudh? tidak ada yang tahu. Allah tidak memberitahu siapapun mengenai kapan diturunkannya al-Qur’an di lauhil mahfudh.

Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan hal ini bahwa tidak tahu kapan al-Qur’an diturunkan di lauhil mahfudh.

Baca Juga: Prediski Malam Lailatul Qadar 2022, Berikut Tanggal Lengkapnya, Pastikan Jangan Sampai Ketinggalan

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: Bangkit Media


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x