Kisah Sufyan Al-Tsauri dan Seekor Burung yang Diselamatkannya, Kasih Sayang sesama Makhluk Allah

- 30 Mei 2022, 08:10 WIB
/pixabay/navallo/

BERITA BANTUL – Kisah dari orang-orang saleh senantiasa memberikan pencerahan dan inspirasi. Tidak hanya itu, kisah mereka mengandung keteladanan yang baik.

Salah satu kisah yang menarik dari orang-orang saleh ialah kisah Sufyan Al-Tsauri. Dia adalah seorang sufi agung namun juga seorang ahli fikih terkemuka. Dalam bidang fikih ini, bahkan dialah pendiri mazhab Tsauriyah.

Ada kisah kebaikannya kepada seekor burung. Berikut ini kisahnya.

Baca Juga: Kisah Karomah Syekh Zakaria Al Anshari, Memotong Rantai Besi Hanya dengan Kertas

Dikutip dari buku berjudul Tadzkiratul Auliya (Zaman, 2018) karya Fariduddin Attar, disebutkan kisah Sufyan Al-Tsauri dengan seekor burung yang diselamatkannya.

Pada suatu hari, Sufyan Al-Tsauri pergi ke pasar dan melihat seekor burung dalam sangkar, mengepak-ngepak dan memperdengarkan suara yang iba. Sufyan pun membelinya untuk kemudian melepaskannya.

Setiap malam, burung itu datang ke rumah Sufyan, berjaga sepanjang malam saat Sufyan sedang shalat dan sesekali bertengger di tubuhnya.

Baca Juga: Agar Lulus Ujian atau Lamaran Kerja, Baca Doa Ijazah dari KH Ibrahim Thoyyib Ponorogo Ini, Buktikan Khasiatnya

Ketika Sufyan meninggal dunia dan jenazahnya diusung ke pemakaman, si burung turut mengikuti prosesi pemakamannya dan memekik sedih seperti para pelayat lainnya.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x