Ada 2 Hal yang Mewajibkan Seseorang Itu Harus Bertobat menurut Imam Al-Ghazali

- 29 Mei 2022, 20:50 WIB
Bertobat itu menyesali perbuatan salah yang telah dilakukan
Bertobat itu menyesali perbuatan salah yang telah dilakukan /Foto Ilustrasi: Pixabay/Geralt/

 

BERITA BANTUL – Umat beriman dan beragama pasti tidak asing lagi dengan terminologi tobat. Tobat adalah sadar dan menyesal akan dosa atau perbuatan yang salah atau jahat untuk kemudian berniat memperbaiki tingkah laku dan perbuatan.

Tobat merupakan perilaku yang baik karena dilandasi dengan kesadaran. Orang yang bertobat itu sadar bahwa dirinya salah dan punya keinginan untuk tidak mengulangi kesalahan yang telah dilakukannya.

Menurut Imam Al-Ghazali, seseorang itu harus bertobat karena dua hal penting ini. Untuk selengkapnya, berikut ini kami sajikan ulasannya secara sederhana.

Baca Juga: Amal Ibadah antara Diterima atau Tidak, Begini Nasihat Imam Al-Ghazali

Dikutip dari kitab Minhaj Al-‘Abidin, Imam Al-Ghazali menuturkan dua hal yang seseorang itu harus bertobat karenanya. Kedua hal itu adalah sebagai berikut.

Pertama, agar seseorang itu berhasil memperoleh pertolongan guna mencapai ketaatan karena pelbagai perbuatan dosa dapat melahirkan kesialan dan mengakibatkan kemalangan bagi pelakunya.

Selain itu, perbuatan dosa juga bisa menghambat upaya seseorang untuk mematuhi dan mengabdi kepada Allah karena tumpukan dosa akan memberatkan langkah menuju kebaikan dan menjadikan seseorang malas untuk menaati-Nya.

Baca Juga: Agar Tobat Diterima, Inilah yang harus Dilakukan Kata Imam Al-Ghazali

Kedua, agar semua ibadah seseorang itu diterima oleh Allah. Ibaratnya, si piutang tidak akan pernah mau menerima hadiah jika tanggungan utangnya belum dilunasi.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah