Nabi Muhammad Itu Bermitra dengan Malaikat Jibril untuk Memperbaiki Manusia, Begini Alasannya menurut Gus Baha

- 6 Juni 2022, 21:49 WIB
Gus Baha (KH. Bahauddin Nursalim)
Gus Baha (KH. Bahauddin Nursalim) /Tangkapan Layar Youtube/Krapyak TV/

BERITA BANTUL – Sejarah umat manusia sudah terentang sejak sangat lama, mulai dari zaman Nabi Adam a.s. hingga umat Rasulullah Muhammad saw. yang ada di masa kini.

Dari setiap periode, Allah mengutus nabi kepada umat manusia untuk menyampaikan ajaran-Nya. Masing-masing kaum di utus seorang nabi atau beberapa nabi dari mereka.

Fungsi kenabian yang utama ialah untuk menuntun umat manusia pada ajaran Allah. Tentu saja hal itu untuk memperbaiki kondisi umat manusia.

Dari berbagai kisah kenabian, disebutkan bahwa para nabi itu diutus memang untuk memperbaiki kaum tempat mereka diutus. Kaum yang menyimpang tentu saja menjadi sorotan bagi kenabian karena di situlah para nabi bertugas.

Baca Juga: Kisah Al-Junaid Al-Baghdadi Menguji Ilmu Makrifat Murid-Muridnya, Ujian Remeh namun Berbobot

Nabi kita, Rasulullah Muhammad saw., pun diutus untuk memperbaiki kondisi umat manusia. Hanya saja, jika para nabi terdahulu sebelum Rasulullah Muhammad saw. ada ‘pemusnahan massal’ terhadap kaum yang membangkang, maka pada zaman Rasulullah Muhammad saw. hal itu tidak ada.

Bedanya lagi, jika para nabi terdahulu itu diutus untuk sekadar kaum mereka saja, atau kaum yang di situ para nabi tinggal, maka Rasulullah Muhammad saw. diutus dengan jangka dan cakupan yang sangat luas dan tidak terbatas pada kaum yang di daerah itu beliau tinggal.

Para nabi diturunkan wahyu kepada mereka berupa petunjuk dan ajaran untuk disampaikan kepada umat manusia. Begitu pula yang terjadi kepada Nabi Muhammad saw.

Baca Juga: Agar Utang Lunas dan Terhindar dari Rentenir, Baca Doa Ini, Debt Collector Tak akan Menggedor Pintu Rumahmu

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x