Kisah Umar bin Al-Khatthab yang Terdiam Saat Berhadapan dengan Seorang Nenek, Dia Menggetarkan Langit

- 7 Juni 2022, 18:32 WIB
/pixabay/FelixMittermeier/

BERITA BANTUL – Umar bin Al-Khatthab merupakan salah satu sahabat utama Rasulullah saw. Selain keislamannya membuat umat Islam semakin berani, Umar juga sangat dekat dengan Rasulullah saw.

Ketika Rasulullah saw. wafat, dia seolah tidak terima hal itu sehingga menganggap bahwa Rasulullah saw. hanya pergi sebentar dan akan pulang menemui umat Islam sebagaimana Nabi Musa a.s. pergi meninggalkan Bani Israil untuk menerima wahyu.

Umar juga menghunuskan pedang kepada orang yang berani mengatakan bahwa Rasulullah saw. wafat jika tidak ditenangkan dan disadarkan oleh Abu Bakar Al-Shiddiq.

Setelah Rasulullah saw. wafat, tampuk kepemimpinan diserahkan kepada Abu Bakar. Setelah Abu Bakar wafat, tibalah giliran Umar yang menggantikannya sebagai khalifah Rasulullah saw.

Baca Juga: Abu Bakar Al-Shiddiq pun Dimabuk Kepayang, Cinta Itu Memang Dahsyat

Ketika menjadi seorang khalifah, Umar kedapatan diam saja ketika berhadapan dengan seorang nenek. Umar tidak berani membantah ketika nenek itu berbicara dan berpendapat. Umar selalu mendengarkannya.

Dikutip dari buku berjudul Hikayat Auliya’ (Qaf, 2020) karya Syekh Muhammad Abu Al-Yusr Abidin, dikisahkan bahwa Umar dihentikan oleh seorang nenek.

Ketika itu, Umar sedang menaiki keledainya bersama beberapa orang. Seorang nenek pun menghentikannya dan memberinya nasihat.

“Takutlah kepada Allah, wahai Umar!” kata nenek tersebut.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x