Gus Baha Melarang Orang untuk Bersikap Netral, Harus Tegas Memilih dan Memutuskan

- 18 Juni 2022, 22:00 WIB
Gus Baha Melarang Orang untuk Bersikap Netral, Harus Tegas Memilih dan Memutuskan
Gus Baha Melarang Orang untuk Bersikap Netral, Harus Tegas Memilih dan Memutuskan /Tangkapan layar YouTube/Krapyak TV/

BERITA BANTUL – Gus Baha melarang secara tegas kepada orang yang ingin hidup aman dan bersikap netral kepada semua hal yang dilihatnya, baginya itu salah.

Salah menurut Gus Baha ini artinya setiap orang harus berani memilih dan memutuskan suatu perkara yang menurutnya itu baik atau buruk, benar ataupun salah.

Gus Baha menilai bahwa jika hal tersebut dinetralkan maka akan membuat sebuah kesimpulan secara tidak langsung bahwa baik dan buruk atau benar dan salah itu derajatnya sama.

Baca Juga: Inilah Letak Iman Kepada Allah yang Sangat Dianjurkan, Gus Baha Keceplosan

Gus Baha menjelaskan bahwa dalam memberikan sebuah keputusan dan pemilihan akan suatu hal yang menyangkut benar-salah atau baik-buruk harus dikaji.

Orang bisa menilai suatu hal itu baik atau buruk dari referensi dan ilmu yang ia peroleh, maka tidak boleh bersikap netral.

Contoh, Gus Baha menjelaskan bahwa terdapat dua orang bertengkar lantas Anda berdiam saja tanpa ingin ikut campur dan mengetahui kebenarannya.

“Rasulullah kalau ada sahabat yang bertengkar maka beliau turun tangan, tidak bersikap netral dan ikut memutuskan mana yang benar dan yang salah,” kata Gus Baha.

Baca Juga: Satu Perbedaan Seorang Wali dan Hamba Biasa Saja Kata Gus Baha ‘Sangat Mengena’

Halaman:

Editor: Ahmad Syaefudin

Sumber: Bangkit TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah