Mencintai Itu Tidak Cukup Hanya dengan Seperti Ini tapi Juga Harus Begini Kata Gus Baha, Inilah Nasihat Cinta

- 30 Juni 2022, 17:00 WIB
Gus Baha jelaskan tentang cinta
Gus Baha jelaskan tentang cinta /facebook/udin

BERITA BANTUL – K.H. Ahmad Bahauddin Nursalim, atau yang akrab disapa Gus Baha, pernah ungkap perihal cinta dalam suatu ceramahnya.

Cinta merupakan sebuah perasaan yang ada di setiap yang berjiwa. Sementara itu, cinta yang paling populer adalah cinta antara dua insan yang menggelora.

Meski demikian, Gus Baha menasihatkan bahwa cinta itu tidak cukup hanya dengan seperti ini tetapi juga harus begini.

Gus Baha memberikan standar bagi orang-orang yang sedang jatuh cinta. Standar itu pun berlaku bagi orang yang sedang mencintai, baik itu bertepuk sebelah tangan ataupun tidak.

Baca Juga: Jangan Menginginkan Hal Ini jika Tidak Ingin Kecewa, Gus Baha: Pakai Standar yang Minimalis Saja

Cinta itu anugerah dari Allah. Jika di dunia ini tidak ada cinta, maka yang ada adalah kekacauan karena benci menjadi merajalela.

Oleh karena itu, cinta itu harus dirawat dan benci pun harus ditekan sedemikian rupa. Akan tetapi, merawat cinta itu tidak sekadar membiarkannya seperti rumput liar.

Cinta perlu batasan-batasan agar tidak tumbuh dengan melanggar ajaran agama Islam. Ia tidak boleh dibiarkan begitu saja karena dikhawatirkan justru akan didominasi oleh nafsu.

Oleh karena itu, Gus Baha memberikan nasihat bahwa cinta itu tidak cukup hanya dengan perlakuan seperti ini tetapi juga harus bisa begini.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x