Kisah Al Hasan Al Bashri dan Rabiah Al Adawiyah saling Memamerkan Keahlian Spiritual, Menakjubkan

- 7 Juli 2022, 21:23 WIB
/pixabay/PublicDomainPictures

BERITA BANTUL – Al Hasan Al Bashri adalah seorang mistikus Islam kenamaan yang menjadi guru para sufi. Keahliah spiritualnya mengagumkan dan menakjubkan.

Sementara itu, Rabiah Al Adawiyah adalah seorang sufi perempuan yang kekuatan spiritualnya begitu hebat. Banyak yang menyebutnya sebagai pendiri mazhab mahabbah.

Al Hasan Al Bashri dan Rabiah Al Adawiyah adalah dua sufi yang hidup sezaman. Dalam berbagai kisah, keduanya sering bertemu.

Ada sebuah kisah menarik tentang keduanya yang saling memamerkan keahlian spiritual.

Baca Juga: Kisah Ali bin Syihab dan Sifat Warak Berhati-hati dalam Memakan Makanan, Halal Itu Jelas dan Haram Juga Jelas

Dikutip dari buku berjudul Tadzkiratul Auliya (Zaman, 2018) karya Fariduddin Attar, disebutkan kisah keduanya ketika saling memamerkan keahlian spiritual.

Pada suatu hari, Al Hasan Al Bashri melihat Rabiah Al Adawiyah berada di dekat danau.

Seraya membentangkan sajadah di permukaan air, Al Hasan berseru, “Rabiah, kemarilah! Ayo kita tunaikan shalat dua rakaat di sini!”

“Al Hasan, jika engkau memamerkan keahlian-keahlian spiritualmu di pasar dunia ini, seharusnya itu adalah keahlian-keahlian yang tidak dimiliki oleh orang lain,” tukas Rabiah.

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah