Kisah Ali bin Syihab dan Sifat Warak Berhati-hati dalam Memakan Makanan, Halal Itu Jelas dan Haram Juga Jelas

- 6 Juli 2022, 20:00 WIB
Ali bin Syihab yang enggan makan burung merpati dan madu
Ali bin Syihab yang enggan makan burung merpati dan madu /pixabay/Alexas_Fotos

BERITA BANTUL – Ali bin Syihab adalah seorang saleh yang warak. Dia sangat berhati-hati dalam memakan makanan meskipun itu halal secara fikih.

Baginya, halal itu jelas dan haram itu juga jelas. Akan tetapi, sifat warak yang diamalkannya membuatnya sangat berhati-hati dalam memakan makanan.

Meskipun itu halal, namun jika kehalalannya itu terdapat ketidakrelaan karena mengambil hak pada sumbernya, maka dia enggan memakannya.

Sekali lagi, halal itu jelas dan haram juga jelas. Akan tetapi, standar halal yang diterapkannya lebih dari sekadar kehalalan yang ditetapkan oleh standar fikih.

Baca Juga: Kisah Imam Abu Hanifah Dikalahkan oleh Seorang Anak Kecil dan Seorang Perempuan, Pelajaran dari Orang Biasa

Salah satu kisah waraknya yang luar biasa menginspirasi kita. Berikut ini kisahnya.

Dikutip dari buku berjudul Qisasul Auliya’ (Qaf, 2020) karya Muhammad Khalid Tsabit, berikut ini sajian kisah sifat warak Ali bin Syihab tersebut.

Selama hidupnya, Ali bin Syihab tidak pernah memakan anak merpati yang berkandang di pagar-pagar ladang subur milik masyarakat setempat.

Ketika dikatakan kepadanya bahwa fatwa para ulama menghalalkan anak merpati seperti itu untuk dimakan, Ali berkata, “Pada hari-hari panen, burung-burung merpati itu memakan biji-biji gandum. Para petani pun mengusir mereka dengan ketapel.”

Halaman:

Editor: Joko W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x